Translate

Rabu, 16 Juli 2014

Refleksi Diri



Begitu sibuknya kita semua di bulan Ramadhan ini, sampai tak sempat untuk banyak beribadah kecuali berfikir bagaimana memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan ini sampai Idul Fitri tiba (baca; ini gue bingit bro...).

Ramadhan ini banyak hal tersendat malah tidak “Mencair” kami istilahkan begitu untuk beberapa bantuan yang seharusnya sudah “Mencair” untuk operasional sekolah.

Tapi hebatnya orang-orang pemegang mandat, tetap mengadakan kegiatan sebelum Ramadhan tiba untuk beberapa kegiatan yang “katanya” harus segera dilaksanakan mengingat harus segera dilaporkan.

Dan, Huh!...seperti sudah “Mahfum” adanya “Itunya” (baca; dana kegiatan disamarkan dengan kata “itunya” biar agak terbaca tersembunyi, xixixi) belum “Mencair”.

Dan lagi ah..., Sekolah “kudu” ngeluarin “Itunya” (kali ini tolong baca ;duit) untuk memenuhi mandat yang harus diterima pimpinan untuk melaksanakan kegiatan. 

Katanya, ada yang bila ma gue nih bro n sis..gue jangan suka mengeluh. Helooo bro and sis..., lo kata gimane gue kagak boleh ngeluh.

Nih, sekolah yang gue pimpin ‘ntu sekolah yang nyaris “Haratis” (jangan salah ucap ya bro and sis, tolong baca; Gratis). 95 % peserta didik gue kagak bayar, otomatis gue tergantung dengan bantuan yang pemerintah beri ma sekolah yang gue pimpin.

Jadi kalau ditarik benang lurus (moga aja tuh benang kagak putus), dengan banyaknya kegiatan dan “Itunya” (baca apa aja terserah) belum “Mencair”, gue kudu ngeluarin dana tambahan.

Nah lho, dapet dari mana tuh duit? Bersyukurnya gue punya duit simpenan atau celengan yang sebenarnya buat bayar kuliah anak gue di UI, Alhamdulillah bisa dipake dulu (semoga pada waktunya bisa terbayarkan ya kakak uang kuliahnya, aamiin) ini dana pinjeman pertama.

Dana pinjeman kedua, ada uang sertifikasi gue dan laki gue, Alhamdulillah bisa terbayarkan untuk kegiatan sekolah.

Dana pinjeman ketiga, ada yang bisa digadaikan. Hmmm, motor tercintaku tergadaikan tapi ra po po, demi sekolah tercinta.

Dana pinjeman keempat, punya sahabat-sahabat yang sangat baik hati yang dengan ikhlas dan tanpa pamrih meminjamkan uangnya dengan suka rela tanpa paksaan apa lagi pake ngancem segala.

Terus, bagaimana dengan guru-guru yang ada di sekolah gue. Tenang bro and sis...semoga Allah segera menurunkan bantuannya. Dan Allah memberikan pada gue guru-guru yang baik hatinya, semoga gue bisa membayarkan uang honor mereke sesegeranya aamiin, Mohon doanya ya bro n sis.

Terus (kayak tukang parkir terus lagi terus lagi), gimana dengan nasib gue dan anak-anak gue. Nih, mungkin tulisan ini dapat membantu temen-temen yang lagi pada galau menghadapi Idul Fitri. 

1.     Pada kenyataannya gue lagi sakit, kudu operasi ke Bedah dan Mulut karena gigi ngga bisa dicabut. Dengan BPJS gratis tapi obat-obatan ada yang kudu dibayar dan lagi gue sakit lambung, menurut dokter kudu di USG dan Endescopy tapi hanya sebagian ditanggung oleh BPJS jadi tetep kudu ngeluarin duit juga. Apa gue frustasi? Kagak bro and sis, gue tetep tersenyum bahagia karena Allah sedang mencoba gue (Allah lagi bakar dosa-dosa gue lewat penyakit yang gue derita...semoga aja ya Allah, aamiin). Apa gue ngga sakit, sakitlah bro and sis, tapi ngga perlu cengeng gitu keleeees...Woles aja keleees. Nanti juga Allah sembuhkan penyakit gue, yakiiiin bangetz daah. Tapi ada temen yang bilang, obatin dong say...kalau ngga diobatin nanti penyakit lo tambah parah kalau tambah parah lo mati lo mati masih banyak orang yang butuh lo. Jawaban gue apa bro and sis? Gampang, kalau gue mati tinggal lo pada mandiin, kasih kain kafan, sholatin terus kubur deh. Gitu aja kok repot...(Oh iya, jangan lupa doain gue ya bro and sis).

2.     Kenyataan kedua, kagak punya duit buat lebaran. Emang penting gitu? Kagaklah... Allah itu Maha Kaya gue kagak takut ngga punya duit (baca; padahal sih udah biasa kagak punya duit, buahahahaha). Tinggal minta ma Allah “Trink” langsung dikasih deh (ngibur diri bro and sis).

3.     Kenyataan ketiga, kagak punya duit buat beli baju baru? Emang penting baju baru? Kagak banget dah, gembel aja pada jelek bajunya mereka pada idup tuuuh. Jadi? Baju baru kagak pentiiiiiiing, bro and sis.

4.     Kenyataan keempat, kagak punya duit buat bikin ketupat, opor ayam, kue dan sejenisnya? Kagak napa, masih banyak tetangga yang bikin (jadi maksudnya, gue mau banyakin silaturahim ke tetangga gue biar bisa makan-makanan lebaran. Ini “Modus” yang bernilai ibadah, hehehe).

5.     Kenyataan kelima, kagak bisa rapihin rumah dengan cat baru, gorden baru, perabot rumah baru termasuk istri baru (bagi yang niat, kalau laki gue bilang sih die kagak minat bininya udah cantik, bahenol, cetar membahana). Kagak napa, lihat orang-orang Palestina mereka sibuk untuk berjihad bukan mikirin semua serba baru.

6.     Kenyataan keenam, kagak bisa ngasih duit buat saudara-saudara. Kagak usah malu untuk dicela, yang malu itu kalau kita kagak bisa bayar zakat fitrah baru lo boleh malu.

7.     Kenyataan ketujuh, kagak bisa mudik ke kampung halaman? Kagak napa, lo pada kudu tahu bumi yang kita pijak ini punyanya Allah. Jadi kenapa mesti resah kagak bisa mudik? Semuanya bumi Allah jadi woles keles aja ya bro and sis...

8.     Kenyataan kedelapan, hidup kudu dinikmatin dan disyukuri karena masih ada Allah yang punya segalanya dan jangan pernah bergantung pada manusia dari pada lo entar kecewa (kayak gue, hikz...lebaay).

9.     Kenyataan kesembilan, lo jangan cari orang yang harus paham dengan kondisi dan kebutuhan kita tapi pahamilah bahwa ada Allah. Lo cape nyari ngga bakalan ada yang sepaham dan semengerti Allah tentang kondisi dan kebutuhan lo, ya...termasuk orang-orang yang lo cinta dan kasihi pun (curcol kagan napa keles).

10. Kenyataan kesepuluh, tempat yang aman dan tanpa cela untuk berpijak itu hanya Allah, Tidak ada yang lain termasuk orang-orang yang kita cintai sekali pun.

11. Kenyataan kesebelas, orang-orang yang kita cintaipun pamrih tentunya mereka memberi karena ada timbal balik antara hak dan kewajiban. Tapi lihat Allah, apa Allah pamrih pada kita? Apa Allah menggerutu pada kita? Apa Allah kesal pada kita?

Jadi, “Nikmat mana lagi yang akan kau pungkiri?”.

Tulisan ini kagak penting untuk dibaca, jadi kagak usah dibaca. Abaikan saja, kalau tidak tahan tolong lambaikan tangan, oke.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar