Translate

Jumat, 12 April 2013

Gangguan jiwa Pada Anak




Berdasarkan data hasil Riskesdas tahun 2007, persentase gangguan jiwa mencapai 11,6 persen dari sekitar 19 juta penduduk yang berusia di atas 15 tahun. Hal ini menjadikan masalah kesehatan jiwa sebagai prioritas bagi Kementerian Kesehatan karena merupakan tantangan yang besar dengan kompleksitas tinggi di berbagai lapisan dan aspek kehidupan.

Gangguan Jiwa Apakah yang Paling Umum pada Anak?

Anak-anak dapat menderita gangguan jiwa, sebagai berikut :

Gangguan kecemasan : Anak-anak dengan gangguan kecemasan menanggapi hal-hal tertentu atau situasi dengan rasa takut dan ketakutan, serta dengan tanda-tanda fisik dari kecemasan (gugup), seperti detak jantung yang cepat dan berkeringat.

Gangguan perilaku : Anak-anak dengan gangguan ini cenderung untuk menentang aturan dan sering mengganggu di lingkungan terstruktur, seperti sekolah.

Gangguan perkembangan : Anak-anak dengan gangguan ini biasanya pola pemikiran mereka memiliki masalah dalam memahami dunia di sekitar mereka.

Gangguan makan : Gangguan makan dapat melibatkan emosi dan sikap, serta perilaku yang tidak biasa, terkait dengan kondisi tubuh bahkan makanan.

Gangguan Eliminasi : Gangguan ini mempengaruhi perilaku yang terkait dengan pembuangan limbah tubuh (feses dan urin).

Gangguan Afektif : Gangguan ini melibatkan perasaan sedih terus menerus bahkan berubahnya suasana hati dengan cepat.

 
Skizofrenia : Ini adalah gangguan serius yang melibatkan persepsi terdistorsi dan pikiran.

Gangguan Tic : Gangguan ini menyebabkan seseorang untuk melakukan aktifitas yang sama serta berulang,  gerakan tiba-tiba dan tak terkendali serta sering.

Beberapa penyakit, seperti gangguan kecemasan, gangguan makan, gangguan afektif, dan skizofrenia, dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. Sedangkan gangguan perilaku dan gangguan perkembangan, gangguan eliminasi, gangguan belajar dan komunikasi dimulai pada masa kanak-kanak saja, meskipun dapat berlanjut terus sampai dewasa. Dalam kasus yang jarang terjadi, gangguan tic dapat terjadi pada orang dewasa. Tetapi hal yang tidak biasa bagi seorang anak memiliki lebih dari satu gangguan.

Apa Gejala Gangguan Jiwa pada Anak?

Gejala gangguan jiwa pada anak-anak bervariasi tergantung pada jenis gangguan jiwanya, tetapi beberapa dari gejala-gejala umum termasuk :

Perubahan kinerja sekolah, seperti nilai pelajaran yang kurang dari KKM, ketidakmampuan untuk mengatasi masalah sehari-hari dan kegiatan perubahan jam tidur atau kebiasaan makan berlebihan, keluhan penyakit di tubuh,  menentang otoritas, bolos sekolah, mencuri, atau merusak barang pribadi atau orang lain, ketakutan akan kenaikan berat badan, suasana hati, sering disertai dengan nafsu makan yang kurang baik dan  pikiran akan kematian, emosi yang meledak-ledak, kehilangan minat pada teman-teman dan peningkatan kegiatan yang signifikan dalam waktu tertentu, kekhawatiran yang berlebihan atau kecemasan, Hiperaktif, mimpi buruk,  ketidaktaatan atau perilaku agresif, sering marah, tantrum atau melihat hal-hal yang tidak ada (halusinasi).





Apa Penyebab Gangguan Jiwa?

Penyebab pasti dari gangguan jiwa belum diketahui dengan pasti, tetapi penelitian menunjukkan bahwa adanya faktor yang kompleks, termasuk faktor keturunan, biologi, trauma psikologis, dan stres lingkungan mungkin juga berpengaruh.


Keturunan (genetika) : Gangguan jiwa  yang ada dalam keluarga, kecenderungannya  lebih mungkin dapat diturunkan dari orang tua kepada anak-anaknya.

Biologi : Beberapa gangguan jiwa telah dikaitkan dengan bahan kimia khusus di otak yang disebut neurotransmitter. Neurotransmitter membantu sel-sel saraf dalam otak terkoneksi satu sama lain. Jika bahan kimia ini tidak seimbang atau tidak bekerja dengan benar, pesan tidak sampai melalui otak dengan benar, menyebabkan gejala selain hambatan atau cedera pada daerah-daerah tertentu dari otak juga telah dikaitkan dengan beberapa gangguan jiwa.

Trauma psikologis : Beberapa gangguan jiwa dapat dipicu oleh trauma psikologis, seperti pelecehan fisik  atau seksual serta kehilangan kasih sayang orang tua.

Stres lingkungan : stres atau trauma bisa memicu gangguan jiwa pada anak .

Bagaimana dan Apakah Gangguan Jiwa pada Anak Dapat Didiagnosis?

Seperti dengan orang dewasa, gangguan jiwa pada anak-anak yang didiagnosis berdasarkan tanda dan gejala yang menunjukkan gangguan tertentu. Banyak perilaku yang dipandang sebagai gejala dari gangguan jiwa, seperti rasa malu, kecemasan (kegelisahan), kebiasaan makan yang tidak biasa, dan amarah, dapat terjadi sebagai bagian normal dari perkembangan anak. Perilaku atau gejala tersebut ketika terjadi sangat sering, bertahan lama, terjadi pada sepanjang usia anak akan menyebabkan gangguan yang signifikan terhadap anak.

Jika gejala yang hadir, dokter akan memulai evaluasi dengan melakukan riwayat medis lengkap dan pemeriksaan fisik. Meskipun ada tes laboratorium secara khusus tetapi tidak untuk mendiagnosa gangguan jiwa, dokter dapat menggunakan berbagai tes, seperti X-ray dan tes darah, untuk mengobati penyakit ditubuhnya atau efek samping pengobatan sebagai penyebab gejala.

Jika tidak ada penyakit ditubuhnya, anak dapat dirujuk ke psikiater anak dan remaja atau psikolog, profesional kesehatan jiwa yang khusus dilatih untuk mendiagnosa dan mengobati gangguan jiwa pada anak-anak dan remaja. Psikiater dan psikolog menggunakan wawancara yang dirancang khusus dan alat penilaian untuk mengevaluasi seorang anak untuk gangguan jiwa. Dokter mendasarkan diagnosanya pada laporan gejala anak dan observasinya dari sikap dan perilaku anak. Dibutuhkan kerjasama antara dokter, orang tua anak, guru, dan orang dewasa lain karena anak-anak sering mengalami kesulitan menjelaskan masalah mereka atau sulit memahami gejala mereka.

Bagaimana dan Apakah Gangguan Jiwa pada Anak  Dapat Diobati?

Gangguan jiwa seperti gangguan kesehatan, yang memerlukan perawatan berkelanjutan. Meskipun banyak kemajuan telah dibuat dalam pengobatan orang dewasa dengan gangguan jiwa, pengobatan pada anak tidak mudah untuk dipahami dengan baik. Para ahli masih menjajaki perawatan yang paling cocok untuk kondisi  pada anak-anak. Untuk saat ini, banyak pilihan pengobatan yang digunakan untuk anak-anak, termasuk obat-obatan dan sama seperti apa yang digunakan untuk mengobati orang dewasa. Pilihan pengobatan yang paling umum digunakan termasuk :

Obat : Banyak gangguan jiwa dapat diobati secara efektif dengan obat-obatan. Obat-obatan yang sering digunakan untuk mengobati gangguan jiwa pada anak-anak termasuk antipsikotik, antidepresan, obat anti-kecemasan, stimulan, dan obat-obatan menstabilkan suasana hati.


Psikoterapi : Psikoterapi (sejenis konseling) membahas respons emosional untuk gangguan jiwa. Ini adalah proses dimana para profesional kesehatan jiwa  membantu orang berhubungan dengan penyakit mereka, sering dengan berbicara melalui strategi untuk memahami dan menangani gejala mereka, pikiran, dan perilaku. Jenis psikoterapi yang sering digunakan pada anak-anak adalah yang mendukung perilaku kognitif, interpersonal, kelompok, dan terapi keluarga.

Kreatif : terapi tertentu, seperti terapi seni atau terapi bermain, mungkin bermanfaat, terutama dengan anak-anak  yang mungkin memiliki kesulitan berkomunikasi dengan pikiran dan perasaan mereka.

Bagaimana Sudut Pandang pada Anak Dengan Gangguan Jiwa?

Ketika diobati dengan tepat dan sedini mungkin, banyak anak-anak dapat sepenuhnya pulih dari gangguan jiwa mereka atau berhasil mengontrol gejala mereka. Sementara beberapa anak sampai mereka dewasa tetap mengalami gangguan jiwa yang semakin kronis atau berat tetapi banyak orang yang memiliki gangguan jiwa dapat hidup normal dan produktif.

Hal ini sangat penting untuk mencari pengobatan untuk anak Anda jika mereka menampakkan gejala ganguan jiwa. Tanpa pengobatan, gangguan jiwa dapat berlanjut sampai dewasa dan menyebabkan masalah dalam semua bidang kehidupan seseorang. Orang dengan gangguan jiwa yang tidak diobati beresiko tinggi untuk banyak menghadapi masalah, termasuk penyalahgunaan alkohol atau narkoba, dan perilaku kekerasan atau menyakiti diri sendiri, bahkan bunuh diri.

Penelitian Apa yang sedang dilakukan Untuk Gangguan Jiwa pada Anak?
 
Sampai saat ini, sebagian besar penelitian tentang gangguan jiwa lebih fokus pada gangguan jiwa  orang dewasa. Namun kini mulai fokus pada gangguan jiwa pada anak-anak. Para peneliti melihat perkembangan anak yang normal dan yang mengalami gangguan serta mencoba untuk memahami bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhinya serta dapat berdampak pada kesehatan jiwa. Tujuannya adalah untuk mencoba memprediksi dan akhirnya dapat mencegah masalah perkembangan yang dapat menyebabkan gangguan jiwa. Bagian penting dari penelitian ini adalah identifikasi faktor risiko dan faktor yang meningkatkan kemungkinan seorang anak menjadi terganggu jiwanya.

Bisakah Gangguan Jiwa pada Anak Dicegah?

Kebanyakan gangguan jiwa yang disebabkan oleh faktor yang kompleks tidak dapat dicegah. Namun, jika gejala sudah ada dan pengobatan dimulai lebih awal, banyak efek kurang baik dari gangguan jiwa dapat dicegah atau paling tidak diminimalkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar