Translate

Kamis, 02 Mei 2013

Macam-macam Fobia

Macam-macam Fobia

Tiga Jenis Fobia
Ratusan fobia yang berbeda telah diidentifikasi, termasuk phobophobia. Tapi ketika berbicara tentang fobia, yang merupakan jenis gangguan kecemasan, para ahli membagi mereka menjadi tiga kategori - agoraphobia, suatu kecemasan yang intens di tempat umum di mana kesulitan untuk melarikan diri, fobia sosial, rasa takut dan menghindari situasi sosial, dan spesifik phobia, ketakutan irasional objek atau situasi tertentu.
Agoraphobia: Takut Tempat Umum
Agora adalah tempat atau pasar atau tempat  pertemuan di Yunani kuno. Seseorang dengan agorafobia takut terjebak di tempat umum atau tempat seperti jembatan atau di bank. Rasa takut yang sebenarnya adalah tidak mampu untuk melarikan diri jika kecemasan terlalu tinggi. Agoraphobia mempengaruhi dua kali lebih banyak pria dari pada wanita. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan seseorang menjadi tinggal di rumah. Dengan pengobatan, sembilan dari setiap 10 orang yang dapat dibantu.

Social Phobia
Seseorang dengan fobia sosial tidak hanya malu. Orang itu merasa sangat gelisah dan ketakutan tentang bagaimana ia akan tampil dalam situasi sosial. Akankah tindakannya tampaknya tepat untuk orang lain? Apakah orang lain dapat memberi tahu dia cemas? Apakah kata-kata yang tepat saat berada di sana ketika tiba waktunya untuk bicara? Bila fobia sosial tidak diobati sering menyebabkan orang tersebut menghindari kontak sosial, dapat memiliki dampak negatif yang besar pada hubungan seseorang dan kehidupan profesional.

Claustrophobia
Claustrophobia, ketakutan abnormal berada di ruang tertutup, adalah fobia spesifik umum. Seseorang dengan claustrophobia tidak bisa naik lift atau melewati terowongan tanpa kecemasan yang berlebih. Takut tercekik atau menjadi terperangkap, orang tersebut akan menghindari ruang yang sempit dan tertutup dan sering timbul "perilaku mencari kemanan diri," seperti membuka jendela atau duduk di dekat pintu keluar. Itu mungkin membuat situasi dapat ditoleransi, tetapi tidak mengurangi rasa takut.

Zoophobia
Jenis yang paling umum dari fobia spesifik adalah Zoophobia atau takut hewan. Zoophobia sebenarnya adalah sebuah istilah umum yang mencakup sekelompok fobia yang melibatkan binatang tertentu. Contohnya termasuk Arachnofobia - takut laba-laba, ophidiophobia - takut ular, ornithophobia - takut burung, dan apiphobia - takut lebah. Fobia seperti itu sering berkembang di masa kecil dan kadang-kadang berlalu setelah dewasa. Tetapi bisa bertahan sampai dewasa.

Brontophobia: Takut Guntur
Kata Yunani bronte berarti guntur dan Brontophobia berarti takut petir. Walaupun orang dengan Brontophobia mungkin menyadari petir tidak akan menyakiti mereka, mereka mungkin menolak untuk pergi ke luar saat turun hujan. Mereka bahkan dapat menyembunyikan di dalam ruangan dengan meringkuk di belakang sofa atau menunggu sampai hujan reda di dalam lemari. Sebuah ketakutan yang abnormal dari guntur dan petir disebut astraphobia.

Acrophobia: Takut Ketinggian
Acrophobia adalah ketakutan berlebihan akan ketinggian dan bermanifestasi menjadi kecemasan yang parah. Seseorang bisa saja timbul ketakutan mendadak hanya saat berjalan menaiki tangga atau mendaki tangga. Kadang-kadang rasa takut begitu besar seseorang mengakibatkan  tidak bisa bergerak. Acrophobia dapat menciptakan situasi berbahaya bagi seseorang yang memilikinya. Kecemasan tiba-tiba dapat membuat penderita sangat sulit untuk turun dari tempat tinggi dan apapun dapat memicu rasa ketakutannya.

Aerophobia: Takut Terbang
Seseorang yang memiliki aerophobia takut terbang. Fobia umumnya berkembang setelah seseorang memiliki pengalaman traumatis yang melibatkan pesawat, seperti pergi melalui turbulensi ekstrim atau menyaksikan penumpang lain mengalami kepanikan. Bahkan setelah insiden tersebut dilupakan, rasa takut tetap dan bahkan dapat dipicu dengan menonton film kecelakaan pesawat di TV. Hypnotherapy biasanya digunakan untuk mengidentifikasi trauma awal dan untuk mengobati fobia ini.

Bloodphobia : Fobia Darah
Ada spektrum darah, injeksi, dan fobia cedera termasuk hemophobia (takut darah) dan trypanophobia (takut menerima injeksi). Beberapa orang memiliki fobia cedera, dan lain-lain memiliki fobia tentang prosedur medis invasif. Fobia ini berkaitan dengan pingsan.

Ketakutan Paranormal
Beberapa fobia suara seperti suaa-suara yang ada di TV. Triskaidekaphobia adalah ketakutan abnormal apapun yang berhubungan dengan angka 13. Jika membayangkan hantu membuat Anda terlalu cemas, Anda mungkin memiliki phasmophobia. Dan meskipun fakta bahwa vampir tidak nyata, beberapa orang takut kelelawar. Fobia mereka disebut chiroptophobia.

Emetophobia
Emetophobia adalah ketakutan yang tidak wajar dari muntah yang biasanya dimulai sejak awal kehidupan dari beberapa kali traumatis. Misalnya, seseorang mungkin telah menyaksikan teman sekolah muntah di depan umum atau melakukannya sendiri. Kecemasan dapat dipicu oleh pikiran muntah atau memikirkan suatu tempat seperti rumah sakit, di mana muntah adalah umum. Seperti aerophobia, hipnoterapi biasanya digunakan dalam pengobatan.


Carcinophobia: Takut Kanker
Orang dengan carcinophobia atau cancerophobia hidup dengan ketakutan irasional terkena kanker. Setiap ketidaknyamanan tubuh menjadi tanda bagi mereka bahwa mereka memiliki pertumbuhan ganas pada suatu tempat di dalam tubuh. Sakit kepala, misalnya, adalah tanda bagi mereka bahwa mereka memiliki tumor otak. Terapi kognitif dapat membantu seseorang dengan carcinophobia mendapatkan kembali kendali atas kehidupan mereka.

Efek Fobia dalam Kehidupan
Fobia menyebabkan orang untuk mengubah cara hidup mereka  semua itu dilakukan untuk  menghindari obyek ketakutan mereka. Tapi hidup mereka juga dipengaruhi oleh upaya mereka untuk menyembunyikan fobia dari orang lain. Beberapa orang dengan fobia memiliki masalah dengan teman-teman dan keluarga, gagal di sekolah, atau kehilangan pekerjaan saat berjuang untuk mengatasinya.

Fobia dan Alkohol
Alcoholics bisa sampai 10 kali lebih mungkin untuk menderita fobia daripada mereka yang tidak alkoholik. Dan seseorang dengan fobia bisa dua kali lebih mungkin untuk kecanduan alkohol dibandingkan dengan orang yang tidak fobia.

Keadaan Dalam Keluarga
Meskipun fobia dapat dipengaruhi oleh budaya dan dipicu oleh aktivitas kehidupan, mereka cenderung diturunkan dalam keluarga. Anggota keluarga dekat dari orang-orang dengan fobia adalah sekitar tiga kali lebih mungkin untuk mengidap fobia daripada mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan fobia.

Mengobati Fobia
Desensitisasi adalah proses secara bertahap mengekspos seseorang dengan fobia yaitu mendekatkan pada keadaan yang menyerupai apa yang ia takuti. Seiring waktu, mengurangi rasa takut dan membangun rasa percaya diri. Hal ini sering disertai dengan terapi bicara untuk membantu perubahan orang pola berpikir dan mengembangkan pola-pola baru dari respon terhadap situasi yang mungkin memicu emosi yang terkait dengan fobia. Kabar baiknya adalah pengobatan membantu 90% dari orang-orang yang fobia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar