Translate

Minggu, 02 Juni 2013

Kita Adalah Guru Dan Kepala Sekolah Yang Berdedikasi Dan Kreatif



Mengikuti ajang kompetisi dalam pemilihan Guru Berdedikasi, Kepala Sekolah Berdedikasi, Guru Kreatif maupun Kreatifitas Kepala Sekolah bukan hanya sebagai ajang untuk mengaktualisasikan diri tetapi proses dalam kegiatan tersebut adalah pembelajaran yang berkelanjutan.

Bukan hanya keinginan keras untuk menjadi seorang”Juara” tetapi belajar terus untuk mengaplikasikan semua yang berkaitan dengan semua materi dalam perlombaan tersebut.

Sebagai seorang peserta lomba dalam kegiatan tersebut diatas, dituntut untuk mampu memahami dan mengaplikasikan semua berhubungan dengan kegiatan tersebut. Proses yang panjang dan berkesinambungan  serta terus menerus dalam setiap tindakan serta kemampuan dalam mengimplementasikannya itulah penilaian yang sesungguhnya.

Menjadi seorang guru atau kepala sekolah yang kreatif maupun berdedikasi adalah mutlak dimiliki oleh seorang guru dan kepala sekolah, bukan hanya ada dalam ajang perlombaan. Ini membuktikan bahwa kemampuan ini kita dapatkan karena kita sebagai guru dan kepala sekolah menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan itu ada dalam setiap insan yang peduli terhadap kewajiban yang diembannya.

Bagaimanakah menjadi seorang guru dan kepala sekolah yang berdedikasi serta kreatif? Menjadi seorang guru atau kepala sekolah berdedikas dituntut pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan peserta didik maupun sekolah atau tujuan pendidikan serta pengabdian untuk melaksanakan tujuan tersebut diperlukan keyakinan dan pengabdian diri dalam profesinya.

Sedangkan Guru dan Kepala Sekolah yang kreatif adalah kemampuan untuk mencipta/daya cipta, intensitas, inspirasi sehingga menghasilkan manfaat dan daya guna untuk tujuan pendidikan.

Apakah Kita sudah (akan) menjadi guru atau kepala sekolah yang berdedikasi atau kreatif? Guru dan kepala sekolah yang berdedikasi serta kreatif ada dalam jiwa setiap pendidik untuk itu setiap kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru dan kepala sekolah sepantasnya menjadi indikator pencapaian kemampuan untuk terus berdedikasi dan kreatif agar menjadi pendidik dan pemimpin yang profesional.

Pemenang yang sebenarnya untuk menjadi guru dan kepala sekolah yang berdedikasi dan kreatif adalah bukan penyemaatan tanda penghargaan terhadap lomba yang kita ikuti tetapi pemenang yang sebenarnya adalah guru dan kepala sekolah yang dalam proses pembelajaran dalam pencapaian tujuan pendidikan mengaplikasikan dan mengimplementasikannya dalam setiap aliran darah kita serta hembusan nafas kita karena guru dan kepla sekolah berdedikasi serta kreatif ada dalam setiap jiwa seorang pendidik.

Penghargaan tertinggi untuk setiap pendidik adalah bukan nilai sebuah penghargaan atas prestasi dalam ajang lomba tetapi penghargaan tertinggi adalah saat kita sebagai seorang pendidik mampu belajar dan terus memperbaiki diri menuju pendidikan yang lebih baik lagi.

Sudahkah kita menjadi guru dan kepala sekolah berdedikasi dan kreatif? Mari simak kinerja kita masing-masing karena adalah yang bisa menjawabnya bukan hanya sebuah ajang lomba saja yang bisa menjawabnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar