Translate

Senin, 05 November 2012

RPP (RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN) SDLB/III/C1



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )

Nama Sekolah             :  SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      :  SDLB
Jenis Kelainan             :  Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema        :  Lingkungan I
Kelas / Semester          :  III /  I
TP                                : 2010 - 2011
Alokasi Waktu            :  . . . x Pertemuan

A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
1.      Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
2.      Memerapkan hak anak di sekolah

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan ( kaki, badan, dan kepala )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekelas

C. INDIKATOR
·         Menunjukkan gambar hewan
·         Menunjukkan gambar kaki hewan
·         Menunjukkan gambar badan hewan
·         Menunjukkan gambar kepala hewan
·         Menunjukkan gambar bagian kepala hewan
·         Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas
·         Menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh hewan
·         Siswa dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

E. MATERI POKOK
·         Bagian-bagian tubuh hewan
·         Kasih sayang sesama teman sekelas
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·         Meng menarik ecek kehadiran siswa
·         Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
·         Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·         Mengkondisikan siswa agar siap belajar
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
   belajar
2.      Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
                         

                                   
·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar binatang di atas
·         Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing binatang di atas
·         Siswa menyebutkan nama masing-masing binatang di atas
·         Siswa menunjukkan masing-masing binatang sesuai perintah
·         Siswa menunjukkan bagian-bagian tubuh binatang
·         Siswa menunjukkan bagian-bagian kepala binatang ( mata, hidung, dan mulut )


·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini

           
             

·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
3.      Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·         Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·         Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·         Observasi
·         Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
·         Gambar binatang
·         Gambar contoh kasih sayang
c. Sumber
·         Buku IPA
·         Buku PKn


H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a.       Teknik Penilaian
·         Lisan
·         Kinerja
b.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Soal Tes Lisan
·         Menyebutkan nama binatang
·         Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang
·         Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman

Format Penilaian Tes Lisan

Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menyebutkan nama binatang


3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang

3.
Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman


Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum


2.      Soal Tes kinerja
·         Menunjukkan gambar hewan
·         Menunjukkan gambar kaki hewan
·         Menunjukkan gambar badan hewan
·         Menunjukkan gambar kepala hewan
·         Menunjukkan gambar bagian kepala hewan
·         Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas

Format Penilaian Tes Kinerja


Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menunjukkan gambar hewan

3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menunjukkan gambar kaki hewan

3.
Menunjukkan gambar badan hewan

4.
Menunjukkan gambar kepala hewan

5.
Menunjukkan gambar bagian kepala hewan

6.
Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas

Jumlah Skor

Nilai Skor :



Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum

c.       Tindak Lanjut
·         Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
·         Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya



Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                    Guru Kelas
Kepala Sekolah




Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                   Nuraliah




Pengawas Sekolah PLB




     Caryoto, S.Pd.M.MPd
   NIP 196411171992031004
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )

Nama Sekolah             :  SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      :  SDLB
Jenis Kelainan             :  Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema        :  Lingkungan II
Kelas / Semester          :  III /  I
Alokasi Waktu            :  . . . x Pertemuan

A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
3.      Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
4.      Memerapkan hak anak di sekolah

B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tumbuhan ( akar, batang, daun )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekitar sekolah

C. INDIKATOR
·         Menunjukkan gambar tumbuhan
·         Menunjukkan gambar akar
·         Menunjukkan gambar batang
·         Menunjukkan gambar daun
·         Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
·         Menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tumbuhan
  • Siswa dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
E. MATERI POKOK
·         Bagian-bagian tumbuhan
·         Kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah



F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·         Meng menarik ecek kehadiran siswa
·         Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
·         Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·         Mengkondisikan siswa agar siap belajar
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
   belajar
4.      Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini

Text Box: AKARText Box: BATANGText Box: DAUN

           
·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar tumbuhan di atas
·         Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing bagian tumbuhan di atas
·         Siswa menyebutkan nama gambar di atas
·         Siswa menunjukkan masing-masing bagian tumbuan sesuai perintah
·         Siswa menunjukkan gambar daun
·         Siswa menunjukkan gambar batang
·         Siswa menunjukkan gambar akar
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini

           
             

·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
5.      Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·         Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·         Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·         Observasi
·         Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
·         Gambar tumbuhan
·         Gambar contoh kasih sayang
c. Sumber
·         Buku IPA
·         Buku PKn




H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
d.      Teknik Penilaian
·         Lisan
·         Kinerja
e.       Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Soal Tes Lisan
·         Menyebutkan nama gambar yang ditunjukkan
·         Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
·         Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman

Format Penilaian Tes Lisan

Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menyebutkan nama gambar yang ditunjukkan

3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan

3.
Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman


Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum

2.      Soal Tes kinerja
·         Menunjukkan gambar tumbuhan
·         Menunjukkan gambar akar
·         Menunjukkan gambar batang
·         Menunjukkan gambar daun
·         Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah

Format Penilaian Tes Kinerja


Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menunjukkan gambar tumbuhan

3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menunjukkan gambar akar


3.
Menunjukkan gambar batang


4.

Menunjukkan gambar daun

5.
Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas

Jumlah Skor

Nilai Skor :



Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 15
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum

3.      Tindak Lanjut
·         Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
·         Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya




Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                    Guru Kelas
Kepala Sekolah




Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                   Nuraliah




Pengawas Sekolah PLB




    Caryoto, S.Pd.M.MPd
  NIP 196411171992031004


















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )

Nama Sekolah             :  SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      :  SDLB
Jenis Kelainan             :  Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema        :  Keluarga I
Kelas / Semester          :  III /  I
Alokasi Waktu            :  . . . x Pertemuan

A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
  1. Memahami identitas keluarga
PKn
  1. Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyebutkan panggilan kerabat orang tuanya
1.1 Mengenal perbuatan kasih sayang

C. INDIKATOR
·         Menunjukkan gambar ayah
·         Menunjukkan gambar ibu
·         Menyebutkan panggilan ayah
·         Menyebutkan panggilan ibu
·         Menunjukkan gambar anggota keluarga
·         Menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang keluarga

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang
  • Siswa dapat menyebutkan panggilan anggota keluarga

E. MATERI POKOK
·         Kasih sayang keluarga
·         Panggilan anggota keluarga

F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
·         Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·         Mengkondisikan siswa agar siap belajar
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
   belajar
2.      Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
                        
        
                                   
·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menyebutkan panggilan ayah
·         Siswa menjebutkan panggilan ibu
·         Siswa menunjukkan gambar ayah
·         Siswa menunjukkan gambar ibu
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini

·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ayah
3.      Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·         Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·         Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·         Observasi
·         Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
·         Gambar ayah dan ibu
·         Gambar contoh kasih sayang ayah dan ibu
c. Sumber
·         Buku IPS
·         Buku PKn

H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a.       Teknik Penilaian
·         Lisan
·         Kinerja
b.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Soal Tes Lisan
·         Menyebutkan panggilan ayah
·         Menyebutkan panggilan ibu
·         Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu

Format Penilaian Tes Lisan

Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menyebutkan panggilan ayah


3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menyebutkan panggilan ibu


3.
Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu



Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum


2.      Soal Tes kinerja
·         Menunjukkan gambar ayah
·         Menunjukkan gambar ibu
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ibu

Format Penilaian Tes Kinerja


Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menunjukkan gambar ayah

3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menunjukkan gambar ibu

3.
Menunjukkan gambar kasih sayang ayah

4.
Menunjukkan gambar kasih sayang ibu

Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum

f.       Tindak Lanjut
·         Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
·         Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya

Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                    Guru Kelas
Kepala Sekolah




Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                   Nuraliah



Pengawas Sekolah PLB




    Caryoto, S.Pd.M.MPd
 NIP 196411171992031004

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
( RPP )

Nama Sekolah             :  SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      :  SDLB
Jenis Kelainan             :  Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema        :  Keluarga II
Kelas / Semester          :  III /  I
TP                                : 2010 - 2011
Alokasi Waktu            :  . . . x Pertemuan

A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
  1. Memahami identitas keluarga
PKn
  1. Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Menyebutkan panggilan kerabat saudara kandung
1.2 Membiasakan menyayangi sesama keluarga
C. INDIKATOR
·         Menunjukkan gambar kakak
·         Menunjukkan gambar adik
·         Menyebutkan panggilan kakak
·         Menyebutkan panggilan adik
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
·         Menunjukkan gambar kasih kakak dan adik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang sesama anggota keluarga
  • Menyebutkan panggilan kakak dan adik
E. MATERI POKOK
·         Kasih sayang keluarga
·         Panggilan anggota keluarga
F. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·         Mengecek kehadiran siswa
·         Berdoa bersama untuk memulai pelajaran
·         Mempersiapkan perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·         Mengkondisikan siswa agar siap belajar
·         Guru memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
   belajar
2.      Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
                        
 
                                   
·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Guru bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menyebutkan panggilan kakak
·         Siswa menjebutkan panggilan adik
·         Siswa menunjukkan gambar kakak
·         Siswa menunjukkan gambar adik
·         Guru menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
    
         

·         Guru bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·         Siswa menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ayah
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang kakak
·         Siswa menunjukkan gambar kasih sayang adik
3.      Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·         Guru bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·         Guru melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·         Guru mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·         Observasi
·         Tanya Jawab
b. Alat Pembelajaran
·         Gambar kakak dan adik
·         Gambar contoh kasih sayang kakak dan adik
c. Sumber
·         Buku IPS
·         Buku PKn

H. PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
a.       Teknik Penilaian
·         Lisan
·         Kinerja
b.      Bentuk Instrumen Penilaian
1.      Soal Tes Lisan
·         Menyebutkan panggilan kakak
·         Menyebutkan panggilan adik
·         Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu
·         Menyebutkan contoh kasih sayang kakak dan adik

Format Penilaian Tes Lisan

Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menyebutkan panggilan kakak


3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menyebutkan panggilan adik


3.
Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu


4.
Menyebutkan contoh kasih sayang kakak dan adik


Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum


2.      Soal Tes kinerja
·         Menunjukkan gambar kakak
·         Menunjukkan gambar adik
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
·         Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·         Menunjukkan gambar kasih sayang kakak
·         Menunjukkan gambar kasih sayang adik

Format Penilaian Tes Kinerja


Nama           :
No
Uraian
Skor Perolehan
Keterangan Skor
1.
Menunjukkan gambar kakak

3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
2.
Menunjukkan gambar adik

3.
Menunjukkan gambar kasih sayang ayah

4.
Menunjukkan gambar kasih sayang ibu


5.
Menunjukkan gambar kasih sayang kakak

6.
Menunjukkan gambar kasih sayang adik

Jumlah Skor

Nilai Skor :

Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai             : Skor Perolehan  x 100
                       Skor Maksimum

3.      Tindak Lanjut
·         Remedial : Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang kembali di rumah
·         Pengayaan : Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya

Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                    Guru Kelas
Kepala Sekolah




Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                   Nuraliah




Pengawas Sekolah PLB




   Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar