Translate

Selasa, 06 November 2012

RPP SDLB AYAHBUNDA KELAS V/C1/1




RENCANA PELAKSANANAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah             : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      : SDLB
Jenis Kelainan             : Tunagrahita Sedang (C1)
Kelas / Semester          : V/1
Tahun Pelajaran           : 2011-2012
Tema                           :
Alokasi Waktu            : ……x Pertemuan

       I.            Standar Kompetensi
·         PKN
( 1 ) Mengembangkansikap saling menghargai
·      Kertakes
( 2 ) Membuat karya kerajinan dn benda kontruksi
·      Bahasa Indonesia
( 2 ) Mendengarkan cerita anak  menceritakan pengalaman

    II.            Kompetensi Dasar
1.3 Berperan sertadalam mengikutikegiatan keagamaan
             2.1 Membuat karya kerajinan berdasarkan pola yang sudah dibuat
2.2  Menyusun karya kerajinan dengan teknik hias
1.1  Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan bahasa sederhana
1.2  Menanggapi cerita teman


 III.            Indicator
·   Menyebutkan hari besar agama islam
Menyebutkan hari besar agama Kristen
Menyebutkan hari besar agama Budha
·   Menyebutkan hari besar agama hindu
·   Menyebutkan cara  berperan dalam kegiatan keagaman
Mendengarkan cerita anak yang di sapaikan
Menceritakan kembali isi cerita  dng kata-kata sendiri
Menyebutkan prilaku tokoh yang di ceritakan
Menuliskan nama tokoh dari cerita yang didengarkan
Menceritakan pengalaman yang mengesankan
Menceritakan pengalaman yang menyedihkan
Mendengarkan cerita teman sekelas
●Menanggapi isi cerita
·   Menyiapkan alat dan bahan
·   Menyebutkan alat dan bahan
·   Menggunting pola yang sudah disiapkan
·   Menyiapkan alat dan bahan
·   Menyebutkan alat dan bahan
·   Menunjukan alat dan bahan yang sesuai    namanya
·   Menyusun pola yang sudah digunting jadi Satu


 IV.            Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran diharapkan :
·   Siswa dapat menyebutkan hari besar agama islam
Siswa dapat menyebutkan hari besar agama Kristen
Siswa dapat menyebutkan hari besar agama Budha
·   Siswa dapat menyebutkan hari besar agama hindu
·   Siswa dapat menyebutkan cara  berperan dalam kegiatan keagamaan
Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang di sapaikan
Siswa dapat menceritakan kembali isi cerita  dng kata-kata sendiri
Siswa dapat menyebutkan prilaku tokoh yang di ceritakan
Siswa dapat menuliskan nama tokoh dari cerita yang didengarkan
Siswa dapat menceritakan pengalaman yang mengesankan
Siswa dapatmMenceritakan pengalaman yang menyedihkan
Siswa dapat mendengarkan cerita teman sekelas
Siswa dapat menanggapi isi cerita
·   Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan
·   Siswa dapat menyebutan alat dan bahan
·   Siswa dapat menggunting pola yang sudah disiapkan
·   Siswa dapat menyiapkan alat dan bahan
·   Siswa dapat menyebutkan alat dan bahan
·   Siswa dapat menunjukan alat dan bahan yang sesuai    namanya
·   Siswa dapat menyusun pola yang sudah digunting jadi Satu

    V.            Materi Pembelajaran
·   Kegiatan keagamaan
·   Menceritakan pengalaman
·   Membuat kerajinan dengan cara digunting

 VI.            Metode Pembelajaran
·   Ceramah
·   Tanya jawab
·   Pemberian tugas
·   Demontrasi

VII.            Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Awal  ( ± 10 menit )
·      Apersepsi
·      Berdoa
·      Menyampaikan tujuan  pembelajaran

2.Kegiatan  Inti  ( ± 40 menit )
·   Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kperan dalam kegiatan keagamaan .Siswa dapat menyebutkan hari besar agama islamhari besar agama Kristen, hari besar agama Budha, hari besar agama hindu. Kemudian siswa dapat menyebutkan cara  berperan dalam  kegiatan keagamaan.
·   Guru menceritakan pengalaman, kemudian  menyuruh siswa untuk
Siswa dapat mendengarkan cerita anak yang di sapaikan, lalu Siswa menceritakan kembali isi cerita  dng kata-kata sendiri,
menyebutkan prilaku tokoh yang di ceritakan ,menuliskan nama tokoh dari cerita yang didengarkan, menceritakan pengalaman yang mengesankan, menceritakan pengalaman yang menyedihkan,
mendengarkan cerita teman sekelas, dilanjutkan menanggapi isi cerita
·   Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kerajinan
Siswa menyimak penjelasan, kemudian menyuruh siswa menyiapkan alat dan bahan, Siswa menyebutkan alat dan bahan, lalu siswa menunjukan alat dan bahan sesuai namanya, kemudian siswa menggunting pola yang sudah ada

3.      Kegiatan Akhir ( ± 20 menit )
·   Guru menyimpulkan materi pelajaran
·   Guru mengadakan evaluasi
·   Siswa melaksanakan evaluasi
·   Guru dan siswa mengakhiri pelajaran

VIII.            Perangkat Pembalajaran
1.      Alat Pembelajaran             : gambar-gambar tempat  ibadah, cerita yang ditulis dikarton, gunting , gambar
2.      Sumber Pembelajaran : paket PKN, Bahasa Indonesia ,kreasi dan pengembangan guru

 IX.            Penilaian
1.      Teknik penilaian : tes tulis, tes lisan dan tes kinerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
·   Soal tes lisan  dan tes tulis
Menyebutkan hari besar setiap agama
Menyebutkan  cara peran aktif dalam keagaman
►Mencritakan  pengalaman yang dialami oleh teman
►Menceritakan pengalaman sendiri
►Menyebutkan nama tokoh dalam cerita
►Menyebutkan nam a alat dan bahan
·   Soal tes kinerja
►Menunjukkan bahan dan alat sesuai perintah
►Menggunting gambar sesuai pola

    X.            Tindak Lanjut
1.      Remedial   : bagi siswa yang belum mampu mendapat tugas berupa PR
2.      Pengayaan : bagi siswa yang telah mampu juga mendapat tugas berupa PR
Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                      Guru Kelas
Kepala Sekolah

Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                        T. Yulianti
Pengawas Sekolah PLB

        Caryoto, S.Pd.M.MPd
                                                                     NIP 196411171992031004


RENCANA PELAKSANANAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah             : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan      : SDLB
Jenis Kelainan             : Tunagrahita Sedang (C1)
Kelas / Semester          : V/1
Tahun Pelajaran           : 2011-2012
Tema                           : Diri Sendiri
Alokasi Waktu            : ……x Pertemuan

       I.            Standar Kompetensi
► Matematika
Bilangan  ( 1 )  Melakukan pengurangan bilangan sampai 10
► Kertakes
Seni rupa  (1 ) Mengetahui tentang symbol rupa tiga dimensi berdasarkan unsure rupa dan prinsip penciptaannya

    II.            Kompetensi
( 1.1 ) Mengurutkan bilanga 1-10
( 1. 2 ) Mengurangkan bilangan 1-10
( 1. 3 ) Melakukan operasi pengurangan bilangan 1
( 1 .4 ) Melakukan pengurangan bilangan 2
( 1. 1 ) Mewarnai    gambar sederhana

 III.            Indicator
Mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang  kecil
Mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang terbesr
Menuliskan lambing bilangan
Melakukan pengurangan dengan himpua  bilangan
Melakukan pengurangan dengan lambanbilangan
Mengerjakan soal   pengurangan bilangan 1
Melakukan pengurangan bilangan 2
Mewarnai gambar dengan pensil warna
Mewarnai gambar dengan krayon
Mewarnai gambar dengan cat air

 IV.            Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan :
►Siswa dapat mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang  kecil
►Siswa dapat mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang terbesr
►Siswa dapat menuliskan lambing bilangan
►Siswa dapat melakukan pengurangan dengan himpua  bilangan
►Siswa dapat melakukanpengurangan dengan lambanbilangan
►Siswa dapat mengerjakan soal   pengurangan bilangan 1
►Siswa dapat melakukan pengurangan bilangan 2
►Siswa dapat mewarnai gambar dengan pensil warna
►Siswa dapat mewarnai gambar dengan krayon
►Siswa dapat mewarnai gambar dengan cat air

    V.            Materi Pembelajaran
► Bilangan
► Menggambar

 VI.            Metode Pembelajaran
►ceramah
► Tanya Jawab
► Pemberian Tugas
► Demontrasi

VII.            Langkah-langkah Pembelajaran
1.         Kegiatan Awal  ( ± 10 menit )
►Apersepsi
►Berdoa
►Menyampaikan tujuan  pembelajaran

2.      Kegiatan Inti ( ± 40 menit )
► Guru menjelaskan materi pelajaran tentang bilangan, siswa menyimak
Penjelasan guru.Siswa dapat mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang  kecil, kemudian siswa mengurutkan bilangan 1-10 mulai dari yang terbesr. Dilanjutkan siswa menuliskan lambing bilangan, kemudian  melakukan pengurangan dengan himpua  bilangan.Selanjutnya siswa  melakukan   pengurangan dengan lamban bilangan. Dan siswa mengerjakan soal   pengurangan bilangan 1
Dengan  melakukan pengurangan bilangan 2.

►Guru menjelaskan materi pelajaran tentang menggambar, kemudian memberikan contoh  dilanjutkan siswa mewarnai gambar dengan pensil warna, lalu siswa mewarnai gambar dengan krayon. Dan dilanjutkan siswa mewarnai gambar dengan cat air.

3.      Kegiatan Akhir ( ± 20 menit )
► Guru menyimpulkan materi pelajaran
► Guru mengadakan evaluasi
► Siswa melaksanakan evaluasi
► Guru dan siswa mengakhiri pelajaran

VIII.            Perangkat Pembalajaran
1.      Alat                       : alat hitung, car air, crayon, pensil warna, gambar-
Gambar.
2.      Sumber                  : Paket matematika, paket kertakes dan pengembangan
      Guru.

 IX.            Penilaian
1.      Teknik penilaian : tes tulis, tes lisan dan tes kinerja
2.      Bentuk Instrumen Penilaian
·   Soal tes lisan  dan tes tulis
►urutkan bilangan dibawah ini mulai dari yang terkecil!
     9, 7, 4, 5, 3, 2, 1, 10, 6, 8
► Uturkan bilangan dibawah ini mulai dari yang terkecil !
      9, 7, 4, 5, 3, 2, 1, 10, 6, 8
► Tuliskan lambang bilangannya !
      1 = Satu         2 = dua            3 = tiga            4 = empat
      1 = …             2 = …             3 = …              4 = …

 

                                                _                                              = …




                4     3
              2  -
            ……………..

4   3
       1     2  -
            ……………..
·         Tes kinerja
      Soal kinerja
1.      Mewarnai gambar dengan pensil warna
2.       Mewarnai gambar dengan krayon
3.      Mewarnai gambar dengan cat air

No
Aspek yang dinilai
Rentang score
Score yang diperoleh
1.       
Mewarnailah  gambar dengan pensil warna
a.Dapat mewarnai tanpa bantuan
b.Dapat mewarnai dengan  bantuan
c.Dapat mewarnai salah bantuan
d.Tidak dapat mewarnai /diam saja

3-0
3
2
1
0

2.       
Mewarnai gambar dengan krayon
a. Dapat mewarnai tanpa bantuan
b.Dapat mewarnai dengan  bantuan
c.Dapat mewarnai salah bantuan
d.Tidak dapat mewarnai /diam saja

3-0
3
2
1
0

3.       
Mewarnai gambar dengan cat air
a. Dapat mewarnai tanpa bantuan
b.Dapat mewarnai dengan  bantuan
c.Dapat mewarnai salah bantuan
d.Tidak dapat mewarnai /diam saja


3-0
3
2
1
0


Jumlah total
9


Nilai akhir :jumlah score yang diperoleh X 100% = …
                                Jumlah total






    X.            Tindak Lanjut
1.      Remedial   : bagi siswa yang belum mampu mendapat tugas berupa PR
2.      Pengayaan : bagi siswa yang telah mampu juga mendapat tugas berupa PR




Bogor, Juli 2011
Mengetahui,                                                                                                        Guru Kelas
Kepala Sekolah


Titin Sulistiawati, S.Pd                                                                                           T. Yulianti
Pengawas Sekolah PLB


        Caryoto, S.Pd.M.MPd
                                                                     NIP 196411171992031004

7 komentar:

  1. Bu Titin rajin jg ya, makasih buat masukannya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih Pak Jahidin, semoga bermanfaat...

      Hapus
  2. Bu Titin rajin jg ya, makasih buat masukannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, pak...bukankah berbagi itu termasuk dalam ibadah?
      terima kasih sudah berkunjung ke blog saya...

      Hapus
  3. Maaf mengganggu Bu, saya mau cari RPP kelas4 TUNAGRAHITA semester 1 dan 2 dan RPP kelas2 TUNARUNGU semester 1 dan 2 apa ibu punya,mohon bantuannya ya Bu, alamat Email Saya 0h3ndr1ks0@gmail.com

    BalasHapus
  4. Maaf mengganggu Bu, saya mau cari RPP kelas4 TUNAGRAHITA semester 1 dan 2 dan RPP kelas2 TUNARUNGU semester 1 dan 2 apa ibu punya,mohon bantuannya ya Bu, alamat Email Saya 0h3ndr1ks0@gmail.com

    BalasHapus
  5. kalau bentuknya RPP modifikasi untuk tunagrahita ringan di kelas inklusi gmana y?

    BalasHapus