Translate

Sabtu, 30 Maret 2013

RPP Kelas VI/C/I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah       :  SLB AyahBunda
Kelas/ Semester     :  VI/I
Tema                     :  Diri Sendiri
Minggu/ Hari ke    :  VII/ 1-6
Alokasi Waktu      :  3 x Pertemuan



Mata Pelajaran                                  Indikator
Bahasa Indonesia :
Menulis laporan hasil kunjungan
Matematika :
§ Membedakan fungsi jarum panjang dan jarum pendek jam
IPS
§ Menyebutkan contoh perilaku hidup boros
IPA
§ Menulis sumber- sumber energi listrik dan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
PPkn
§ Menjelaskan terjadinya proses sumpah pemuda
Bina Diri
§ Merawat barang- barang pribadi ( merawat sepatu )

Ketrampilan
§ Mempraktekkan cara membuat angsa putih


Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü  Menulis laporan hasil kunjungan
ü  Membedaka fungsi jarum panjang dan jarum pendek
ü  Menyebutkan contoh perilaku hidup boros
ü  Menulis sumber- sumber energi listrik dan alat- alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
ü  Menjelaskan terjadinya proses sumpah pemuda
ü  Merawat barang- barang pribadi ( merawat sepatu )
ü  Mempraktekkan cara membuat angsa putih


Materi Ajar
             Dibagian belakang

Metode Pembelajaran
  • Ceramah variatif
  • Tanya jawab
  • Pemberian tugas
  • Demontrasi

Langkah- Langkah Pembelajaran :
  1. Kegiatan Awal  (     menit )
v  Berdoa bersama
v  Bertanya jawab interaktif tentang bangun tidur jam berapa ?
v  Adakah jam dinding di kamar tidur anak ?

B. Kegiatan Inti  (      menit )
      Bahasa Indonesia
v  Pembelajaran outdoor siswa diminta membawa alat tulis dan buku
v  Guru meminta siswa untuk berkunjung atau melihat ke kantin sekolah
v  Guru menjelaskan apa saja yang harus diamati dan dicatat
·         Siapa nama penjaga kantin
·         Apasaja yang dijual
·         Siapa yang sudah membeli
·         Bagaimana situasi kantin
·         Bagaimana keadaan kantin

Matematika
v  Guru menunjukkan jam dinding
v  Guru menjelaskan satuan ukur waktu terdiri dari jam, menit, detik
v  Siswa menyebutkan macam macam jenis jam ( dinding, meja/ weker, analog, digital )
v  Guru menjelaskan tentang fungsi masing- masing jarum jam

IPS
v  Guru menjelaskan lawan kata hemat berarti boros
v  Guru menjelaskan maksud dari boros
v  Siswa menyebutkan contoh- contoh perilaku hidup boros

IPA
v  Guru mereview tanya jawab tentang apa itu energi
v  Guru menjelaskan tentang sumber- sumber energi listrik
v  Siswa menyebutkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik

PPKN
v  Guru meminta siswa bercerita proses terjadinya sumpah pemuda ( sebab dan tanggal lahirnya ) dan isi Sumpah Pemuda
v  Guru meminta siswa menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa
v  Guru menjelaskan tentang peran serta tokoh tokoh dalam Sumpah Pemuda

Bina Diri
v  Guru menjelaskan cara merawat sepatu.

Keterampilan
v  Siswa membuat angsa putih dari kertas lipat

C. Kegiatan Akhir (      menit )
Ø  Siswa melakukan kunjungan ke kantin 2 siswa
Ø  Siswa mencatat penjelasan guru tentang fungsi jarum jam
Ø  Siswa mencatat penjelasan tentang maksud dan contoh perilaku hidup boros
Ø  Siswa mencari artikel di koran tentang alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik
Ø  Berdoa bersama dan pulang


Alat dan Sumber Bahan
§  Kantin Sekolah
§  Jam dinding
§  Gambar perilaku hidup boros
§  Gambar tokoh sumpah pemuda
§  Bahan untuk ketrampilan
Alat dan Sumber Belajar
Daftar Pustaka
Drs H. Panut, 2005. Dunia Sain 3, Yudistira
Sri Ningsih MPd, 2006. Pkn 3, Yudistira.
Sri Astuti, 2002. Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan, 1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Cerdas, 2008, CV. Setiaji
BKG, 2003, Bina Bahasa Indonesia 2A, Erlangga
LKS Fokus Bahasa Indonesia 3A, CV Sindhunata
Siskandar, 2001, Matematika Pandai BErhitung 2, Grasindo
LKS Cerdas dan Cerah, KElas 3, CV. Setiaji
Tim BKG, 1995, Kerajinan Tangan & Kesenian, Erlangga
Sumber Alat
Alat peraga untukbangun datar
Alat praktek untuk ketrampilan


Penilaian :
  • Test lisan
  • Tes tertulis
  • Observasi selama proses KBM berlangsung

Bahasa Indonesia

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Mampu berkomunikasi selama melakukan kunjungan dengan bertanya :
§ Nama penjaga kantin
§ Apa saja barang yang di jual ( bila siswa tidak tahu nama barang dan bisa bertanya )
§ Apa saja yang biasanya dibeli di kantin




Matematika

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat menyebutkan satuan ukur waktu ( jam, menit, detik )


2
Dapat menyebutkan fungsi jarum jam
·      Jarum pendek menunjukkan jam
·      Jarum panjang menunjukkan menit
·      Jarum merah menunjukkan detik


3
Dapat membaca jam bulat ( jarum panjang diangka 12 ) dan menuliskannya

                                             Jam : 01.00












Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Mampu menyebutkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik ( setrika, kulkas, magic jar, televisi )


2
Mampu menyebutkan sumber energi listrik       ( diesel, matahari, air )




Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat mendeskripsikan arti boros ( melakukan sesuatu tidak pada ukurannya/ terlalu berlebihan)


2
Dapat menyebutkan contoh perilaku hidup boros (suka jajan, ganti ganti peralatan sekolah)




PPkn

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa denganm runtut


2
Dapat menyebutkan tokoh- tokoh dalam Sumpah Pemuda (Wr.Supratman, Moh. Yamin)




Bina Diri

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat merawat untuk sepatu jenis non kulit ( dicuci )


2
Dapat merawat untuk sepatu jenis kulit ( disemir)




Keterampilan

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menyiapkan danmengetahui alat praktek yang dipakai untuk membuat angsa putih


2
Memberi hiasan/ mempraktekkan angsa dengan gambar sayap, ekor, mata dan paruh











Keterangan Penilaian :
 

                        Banyaknya Jawaban yang benar
Nilai Akhir  =                                                        X 100 %
                        Banyaknya Jumlah Soal


Tindak Lanjut
Dapat membaca waktu dengan benar



            Mengetahui :                                                                             , ………………..2009

Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas VI




 ____________________                                                          _________________________
NIP. …………………                                                               NIP. …………………
                                               


Tidak ada komentar:

Posting Komentar