Translate

Minggu, 04 November 2012

PROGRAM KHUSUS : BINA DIRI SLB AYAHBUNDA



MATERI DAN SUB MATERI
PROGRAM KHUSUS BINA DIRI
 SATUAN PENDIDIKAN SDLB DAN SMPLB-C1
SLB AYAHBUNDA

Program Khusus: Tunagrahita Sedang ( C1)

NO
MATERI
SUB MATERI
TINGKATAN KELAS
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Makan dan minum












a. Makan
-memilih makanan yang sehat
-memasak  makanan
-menghidangkan makanan
-tatacara makan
V


V
V


V
V


V
V


V
V
VV
V

V
VV
V

V
VV

V
V
V

V
V
V


b. Minum
-memilih jenis minuman
-membuat macam-macam
 minuman
-menghidangkan minuman
-tatacara minum
V



V

V



V
V



V
V



V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V


2

Kebersihan diri
-kebersihan muka
-kebersihan rambut
-kebersihan gigi
-mandi
-kebersihan pakaian
-penggunaan kamar mandi
V

V
V

V
V

V
V

V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V

3
Berpakaian
-macam-macam pakaian
-mengenakan dan membuka
 pakaian
-kerapian /keserasian
 berpakaian
-mengenakan sepatu
-menyemir sepatu

V



V


V



V


V



V

V
V

V

V

V
V

V

V

V
V

V

V
V
V
V

V

V
V
V


V

V
V
V


V

V


4
Berhias
-alat kecantikan dan
 penggunaanya
-penggunaan
 perhiasan/asesoris



V

V
V
V

V
V
V

V
V
V

V
V
V

V
V
V

V
V

5
Menolong diri dari bahaya
-alat rumah tangga
-bahan kimia dan obat
- binatang
-lalu lintas
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V

6
komunikasi
-verbal
-non verbal
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V
V

7
Sosialisasi/Adaptasi lingkungan
-orientasi lingkungan
-bermain
-berbelanja
V
V

V
V

V
V

V
V

V
V

V
V

V

V
V

V
V

V

8
Keterampilan hidup
-penggunaan alat-lat rumah     tangga
-penggunaan uang
-merapikan tempat tidur
-merawat pakaian
-membuat makanan dan minuman
V



V

V

V

V

V
V
V
V

V

V
V
V
V

V

V
V
V
V

V

V
V
V
V

V

V
V
V
V


9
Mengisi waktu luang
-olah raga
-kesenian
-memelihara tanaman
-memelihara ternak

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V
V
V
V
V

V
V
V
V

V
V
V
V



















MATERI DAN SUB MATERI
PROGRAM KHUSUS BINA DIRI
 SATUAN PENDIDIKAN SDLB DAN SMPLB-C1

Program Khusus: Tunagrahita Sedang ( C1)

NO
MATERI
SUB MATERI
TINGKATAN KELAS
KET
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1
Makan dan minum












1.1 Makan
-memilih jenis-jenis makanan
v
v
v


v

















-makan secara tertib



v
v





-menata meja makan





v




-membuat masakan






V



-cara menghidangkn makanan





v
V



-makan menggunakan
 sendok, garpu, dan  pisau


v
v
v

V



-cara makan makanan yg
 berkuah




v
v

V


-membuka makanan yang 
 dikemas




v
v

V


-makan makanan yang
 bertulang




v
v

V


-mengolah makanan dengan
 menggunakan pisau








V

-menaruh makanan sesuai
 dengan tempat








V


1.2 Minum
-mengenal jenis minuman
 dari air panas
V
v
v
v


V

V


-cara menghidangkan
 minuman




v
v
V

V

-membuat minuman panas







V
V

-membuat minuman dari buah
 buahan







V


-menghidangkan minuman







V
V

-minum minuman yang
 dikemas



v
v
v


V

-menghidagkan minuman dan
 kuenya








V

2
Kebersihan diri












- Muka,
-membersihkan muka
-membersihkan hidung
-membersihkan telinga


v
v
v
v
v
v
V



- Rambut
-mencuci rambut dengan
 sampo

v


v
v
V

V


-mengeringkan rambut dengan alat






V

V

- Gosok gigi
-menggosok gigi dengan
 teratur
v
v
v
v
v
v


v

- Tangan
-mencuci tangan dan kaki
-membedakan kuku yang  
 bersih dan yang kotor
-memotong kuku
v
v
V
V


v



v






v



v



v


-membersihkan kuku yang
 kotor



v
v
v

V



- Mandi
-Menyiapkan alat mandi
-Mandi secara teratur
-menggosok bagian tubuh
 yang kotor

v
v
v

v

v


V
v





- Mencuci
-mencuci pakaian dalam
-menjemur pakaian dalam
 pada tempatnya






V
v




- Penggunaan
  kamar mandi
-memelihara kebersihan ka-
 mar mandi dan WC








v

















3
Berpakaian
-mengenal macam-macam
 pakaian
v
v
v
V


V





-memilih pakaian sesuai
 dengan kegunaannya 



v


V





-mengenakan pakaian
 seragam sekolah dengan rapi




v
v
V





-membuka pakaian dalam dan
 luar












-cara melipat pakaian



v


V





-meyimpan pakaian




v
v
V





-memakai pakaian dengan
 menggunakan resleting

v
v
v



V




-memakai dasi







V




-memilih pakaian yang serasi








V



-memakai sepatu yang tidak
 bertali

v
v









-memakai sepatu yang bertali








v



-menyemir sepatu sesuai
  dengan warnanya








v

4
Berhias
-merias wajah sesuai situasi

v
v
v


v





-mengenal alat-alat
 kecantikan






v





-mengenakan perhiasan
 cincin, kalung, dan giwang






v

v



-merawat perhiasan yang
 dipakai






v





-memakai pakaian secara
 lengkap







v




-memakai minyak rambut
-menyisir rambut di depan
 cermin


v
v
v
v
v
v
v


v




-merapikan pakaian di depan
 Cermin








v



-memakai asesoris rambut
-menata rambut di dengan
 variasi

v
v





v
v



-memakai topi di depan
 cermin








v



-menggunakan pisau cukur.








v

5
Menolong diri dari bahaya












-Penyakit
-menjaga kebersihan diri agar 
 terhindar dari penyakit






v





-mengatasi penyakit yang
 timbul karena tdk 
 membersihkan badan








v




-bahaya api
-mengenal bahaya api
v
v
V









-mengenal bahaya air panas
v
v
V









-menghindari diri dari bahaya
 Benda panas



v
v
v






-menyalakan api sesuai kebutuhan




v
v






-menghindari diri dari bahaya
 kebakaran








v




-mengobati luka terkena api








V





-benda tajam
-mengenal benda-benda tajam
 yang membahayakan
 (gunting, pisau dapur,
 pecahan kaca, jarum, silet, 
 kater, dan duri)
-menggunakan benda-benda
 tajam (gunting, pisau dapur,
 jarum, dan kater)
-menghindari diri  dari
 bahaya benda tajam
-mengobati bila terkena
 benda tajam
v
v
v





v





v





v








V

v










V



-binatang
-mengenal binatang serangga
 yang berbahaya
-menghindari diri dari
 sengatan binatang
-mengobati bila tersengat
 Binatang
v
v
v





V

v




-obat
-menggunakan obat sesuai
 kebutuhan
-menghindari obat-obat
 berbahaya
V

v
V

v
V

v
v
v
v







-lalu lintas
-menggunakan tempat
 penyebrangan dan trotoar
-naik/turun kendaraan umum
-duduk tenang di kendaraan
V

v
V

v
V

v
V

v
V

v
V

v
V

v



v


6
Komunikasi












-verbal
-mengungkapkan keinginan
-menjawab pertanyaan
 identitas diri
-mengungkapkan perasaan
-melaksanakan perintah




v




v




v
V


v
V


v
V


v
V
v
V
v
V
v


-non verbal
-memahami gambar di tempat
 Umum (toilet,spbu, dsb)
-memahami tanda-tanda lalu
 lintas






V

v
V

v
V

v

7
Sosialisasi/adaptasi lingkungan












-0rientasi
 lingkungan
-mengamati lingkungan
 sekolah
-berpartipasi dalam kegiatan
 kebersihan dilingkungan
 tempat tinggal
-menyebutkan nama teman se
 kelas
-menyebutkan nama guru-
 guru di sekolah
-membedakan bapak dan ibu
 guru
-pergi ke tempat tertentu ke
 yang terdekat
V

V
V

v
V

v
V

V


V

v
V

V


V

v
V

V


V

v







V

V

v




-Bermain
-bermain dengan teman (kelas,sekolah, rumah)
v
v
v
v
v
v





-Menggunakan uang
-berbelanja di warung ,toko,
 dan pasar
-mengenal jenis makanan 
 yang dikemas






  

v

V


8
Keterampilan hidup












-Menggunakan telepon
-sopan menerima telepon







v




-menggunakan barang elektronika
-menyalakan dan mematikan (TV,lampu, radio)







v










-Merapikan tempat  tidur
-menggunakan sapu lidi
-menggunakan sprai
-melipat selimut
-menyusun bantal/guling






v
v
v




-Merawat 
 pakaian
-mencuci pakaian
-menjemur pakaian
-menyetrika pakaian
-melipat pakaian
-menyimpan pakaian






v
v
v

9
Mengisi waktu luang












-Olahraga
-rekreasi
-lari pagi
-olahraga prestasi
-senam
-jalan santai

v
v
v

V

V
v

V

V
v

V

V
v

V
V
V
v

V
V
V
v

V
V
V
v



-Kesenian

-menonton TV
-mendengarkan radio
-mewarnai gambar
-menyanyi
-menari
-menggambar

V
v V
V
V


V
V
V
V
V


V
V
V
V
V


V
v
v
v
v
v

V
v
v
v
v
v

V
v
v
v
v
v






v




-Memelihara tanaman
-menyiram tanaman
-memupuk tanaman
-menyiangi tanaman
-menata tanaman
v
v
v
v
v
v
V
V
V
v
V
V
V
v
V
V
V
v


-Memelihara ternak
-memberi makan dengan teratur
-membersihkan kandang






V

v
V

v
V

v



                                                                                    Parungpanjang,  16 Juli 2012
                                                                                        Kepala SLB Ayahbunda





                                                                                     TITIN SULISTIAWATI, S.Pd.                                 





















BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : I/I

Standar Kompetensi   : Mengenal dan menggunakan pengetahuannya tentang makan dan minum.
Kompetensi Dasar      :Memilih makanan sehat.
Aspek Pengembangan: Merawat diri
Lingkup Materi          :Makanan empat sehat lima sempurna
Materi                         :




 
 


                                    nasi







 
 



                                    lauk







 
 



                                    sayur






 
 



                                    buah






 
 


                                    Susu














BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : II/I

Standar Kompetensi   : Mengenal dan mengunkan pengetahuannya tentag jenis makanan dan minman
Kompetensi Dasar      : Memilih minuman yang sehat
Aspek Pengembangan: Makanan dan minuman
Lingkup Materi          : Jenis minuman
Materi                         : Minuman sehat

Gambar :
                  air teh






 



                                                                        air susu





 


                                                                        Air kopi





 


                                                                        fanta





 


                                                                        Ibu sedang minum teh





 



                                                                        Anak sedang minum susu





 



                                                                        Bapak sedang minum kopi






BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : III/I

Standar Kompetensi   : Mengenal dan menggunakan pengetahuannya tentang kebersihan gigi
Kompetensi Dasar      : Kebersihan gigi
Aspek Pengembangan: Gosok gigi
Lingkup Materi          : Menggosok gigi dengan teratur
Materi                         : Alat menggosok gigi

A.        Gambar : Alat-alat gosok gigi







 


1                                  pasta gig                     3                                  gayung                                   









 


2                                  sikat gigi                     4                                  lap





B.        Gambar : Kegiatan menyikat gigi






 







            Isi air di gelas plastik                                 mengoleskan pasta gigi pada sikat gigi







 







            Menggosok gigi dg tangan kanan                  berkumur-kumur


 







                       
            Melap mulut dengan handuk





BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : IV/I

Standar Kompetensi   : Membiasakan makan dan minum secara tertib
Kompetensi Dasar      : 1. Tata cara makan dan minum
                                      2. Menggunakan peralatan makan dan minm
Aspek Pengembangan:  Merawat diri
Lingkup Materi          : 1. Makan dan minum secara tertib
                                      2. Menggunakan sendok dan garpu
                                      3. Minum minuman yang dikemas
Materi                         :
1. Makan dan minum secara tertib :
a.      duduk dengan rapi
b.     mencuci tangan sebelum makan
c.      berdoa sesuai agamanya
d.     tidak berbicara swaktu makan dan minm
e.      tidak berceceran sewaktu makan
f.      meminum minuman berkemasan dengan sedotan

2. Gambar







Duduk rapi sewaktu makan
 


Mencuci tanan sebelum makan
 



Berdoa sebelum dan sesudah makan sesuai agamanya
 


Minum  dengan menggunakan sedotan
 
 





































BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : V/I

Standar Kompetensi   : Membiasakan makan secara tertib
Kompetensi Dasar      : - Dapat makan dengan tertib
                                      - Mempraktekkan makan secata tertib
Aspek Pengembangan: Makan dan minum
Lingkup Materi          : - Etika makan
  - Makan dengan mengguakan tangan
- Makan dengan menggunaan alat

Materi                         :
I.  Etika makan
  1. duduk
  2. mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
  3. berdoa sebelum dan sesudah makan
  4. mengunyah makanan tidak bersuara
  5. menggunakan tangan kanan
  6. tidak berceceran
  7. tidak blepotan
  8. mengelap mulut yang kotor dengan tisu/serbet
  9. mengelap tangan yang basah

II. Makan mengguakan tangan
            -ketika makan dianjukan menggunakan tangan yang kanan


 


                                                            gambar tangan



III. Makan dengan menggnaan alat
            -alat yang digunakan untuk makan antara lain : sendok garpu
            -sendok dipegang tangan kanan dan garpu dipegang tangan kiri
                                                           

                                                            gabar sendok
           




 

                                                            Gambar garpu




    









BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SDLB
Kelas/Semester           : VI/I

Standar Kompetensi   : Membiasakan makan dan minum secara tertib dalam kehidupan sehari-hari
Kompetensi Dasar      : Dapat minum minuman yang dikemas
Aspek Pengembangan: Makan dan minum
Lingkup Materi          : Jenis minman
Materi                         :

1. Jenis-jenis minuman dengan kemasan
  1. kemasan botol (the botol, fanta, sprit, dsb)
  2. kemasan kotak (susu, the kotak dsb)
  3. kemasan kaleng (pocari sweet, coca cola dsb)
  4. dituang kedalam plastik

2. Gambar minuman dalam kemasan







 







            Minuman botol                                               minuman kotak








 






            Minuman kaleng                                            minuman plastik

























BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SMPLB
Kelas/Semester           : VIII/I

Standar Kompetensi   : Memilih pakaian seragam sesuai dengan jadwal yang ditentukan    
                                       serta mengetahui cara merias diri
Kompetensi Dasar      : -membiasakan memilih pakaian sekolah sesuai hari yang       
                                       ditentukan
                                      -mengenakan pakaian seragam sekolah dengan rapi
                                      -menyebutkan alat-alat kecantikan yang biasa digunakan sehari-
                                        hari
                                      -mengenakan perhiasan dan cara merawatnya
Aspek Pengembangan: Berpakaian dan merias diri
Lingkup Materi          : 1. Pakaian : seragam sekolah, seraga batik, seragam olahraga,
                                          seragam pramuka
                                      2. Alat kecantikan sehari-hari : bedak, sisir, lipstik, minyak
                                          rambut
Materi                         :
  1. Ketentuan seragam sekolah bagi siswa SMPLB
    1. Untuk laki-laki  : kemeja warna putih, celana biru, dan topi biru
    2. Untuk anak perempuan : kemeja warna putih, rok biru, dan topi biru
    3. Seragam warna putih biru, dipakai setiap hari senin, selasa, dan rabu
    4. Kemeja batik dipakai setiap hari kamis
    5. Seragam olahraga dipakai setiap hari jumat
    6. Seragam pramuka dipakai setiap hari sabtu


  1. Gambar pakaian seragam sekolah

    1. seragam harian laki-laki







    1. seragam harian perempuan









 

    1. seragam olahraga












    1. seragam batik laki-laki










 

    1. seragam batik perempuan










 

    1. seragam pramuka pa










 


    1. seragam pramuka pi






























BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.                                      
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SMPLB
Kelas/Semester           : VII/I

Standar Kompetensi   : Mengenal dan menggunakan pengetahuanya tentag jenis makanan dan minuman dan tatacara menghidangkannya
Kompetensi Dasar      : Menyebutkan  jenis makanan
Aspek Pengembangan: Sosialisasi/adaptasi lingkungan
Lingkup Materi          : Membelanjakan uang
Materi                         : Mengenal jenis makanan yang dikemas tanpa bantuan











 






            Indomi                                                popmi                                      permen







 







                        Sarden                                     kornet


            Sehari-hari kita sering makan makanan yang di kemas
            Karena makanan yang di kemas sangat mudah dan tahan lama
            Makanan yang dikemas dapat kita beli di warung, pasar dan super market
            Salah satu jenis makanan yang dikemas adalah :
1.     mie instant
2.     ikan kaleng atau sarden
3.     permen
4.     daging kaleng atau kornet
Dan masih banyak yang lainnya




















BAHAN AJAR

Mata Pelajaran           : Program Khusus Bina Diri.
Jenis Kelainan                        : Tunagrahita Sedang(C1)
Satuan Pendidikan      : SMPLB
Kelas/Semester           : IX/I

Standar Kompetensi   : Memahami kegiatan rutinitas di rumah yang bersifat sederhana
Kompetensi Dasar      : Menghidupkan dan mematikan alat-alat elektronik
Aspek Pengembangan: Keterampilan di rumah
Lingkup Materi          : Menggunakan barang-barang elektronik
                                                                                                                      
Materi                         :
Menghidupkan dan mematikan lampu, televisi, dan radio

Gambar :










 









                        TV                                 lampu                                                       radio


  1. Malam hari lampu dinyalakan
  2. Siang hari lampu dimatikan
  3. Setiap hari nonton TV
  4. Nonton TV pada waktu senggang
  5. Mendengarkan radio juga di waktu senggang
  6. TV harus dimatikan kalau tidak ditonton
  7. Radio juga dimatikan kalau tidak didengarkan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar