RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Lingkungan I
Kelas / Semester : III /
I
TP :
2010 - 2011
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
1. Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan
tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
2. Memerapkan hak anak di sekolah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tubuh hewan ( kaki, badan, dan kepala )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekelas
C. INDIKATOR
·
Menunjukkan
gambar hewan
·
Menunjukkan
gambar kaki hewan
·
Menunjukkan
gambar badan hewan
·
Menunjukkan
gambar kepala hewan
·
Menunjukkan
gambar bagian kepala hewan
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang sesama teman sekelas
·
Menerapkan
perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tubuh hewan
·
Siswa
dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
E. MATERI POKOK
·
Bagian-bagian
tubuh hewan
·
Kasih
sayang sesama teman sekelas
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·
Meng
menarik ecek kehadiran siswa
·
Berdoa
bersama untuk memulai pelajaran
·
Mempersiapkan
perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·
Mengkondisikan
siswa agar siap belajar
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru bertanya
kepada siswa tentang gambar binatang di atas
·
Guru
bertanya kepada siswa nama masing-masing binatang di atas
·
Siswa
menyebutkan nama masing-masing binatang di atas
·
Siswa
menunjukkan masing-masing binatang sesuai perintah
·
Siswa
menunjukkan bagian-bagian tubuh binatang
·
Siswa
menunjukkan bagian-bagian kepala binatang ( mata, hidung, dan mulut )
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
3. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru melakukan
evaluasi dengan mengadakan tes
·
Guru
mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·
Observasi
·
Tanya
Jawab
b. Alat Pembelajaran
·
Gambar
binatang
·
Gambar
contoh kasih sayang
c. Sumber
·
Buku
IPA
·
Buku
PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK
LANJUT
a.
Teknik
Penilaian
·
Lisan
·
Kinerja
b.
Bentuk
Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
·
Menyebutkan
nama binatang
·
Menyebutkan
bagian-bagian tubuh binatang
·
Menyebutkan
contoh kasih sayang sesama teman
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menyebutkan nama binatang
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menyebutkan bagian-bagian tubuh binatang
|
|
|
3.
|
Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan
x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
·
Menunjukkan
gambar hewan
·
Menunjukkan
gambar kaki hewan
·
Menunjukkan
gambar badan hewan
·
Menunjukkan
gambar kepala hewan
·
Menunjukkan
gambar bagian kepala hewan
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang sesama teman sekelas
Format Penilaian
Tes Kinerja
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menunjukkan gambar hewan
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menunjukkan gambar kaki hewan
|
|
|
3.
|
Menunjukkan gambar badan hewan
|
|
|
4.
|
Menunjukkan gambar kepala hewan
|
|
|
5.
|
Menunjukkan gambar bagian kepala hewan
|
|
|
6.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
c. Tindak Lanjut
·
Remedial
: Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang
kembali di rumah
·
Pengayaan
: Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP
196411171992031004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Lingkungan II
Kelas / Semester : III /
I
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPA
3. Memahami bagian-bagian tubuh hewan dan
tumbuhan lingkungan tempat tinggalnya
PKn
4. Memerapkan hak anak di sekolah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mendeskripsikan bagian-bagian tumbuhan ( akar, batang, daun )
2.1 Membiasakan menyayangi teman sekitar sekolah
C. INDIKATOR
·
Menunjukkan
gambar tumbuhan
·
Menunjukkan
gambar akar
·
Menunjukkan
gambar batang
·
Menunjukkan
gambar daun
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
·
Menerapkan
perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan bagian-bagian tumbuhan
- Siswa dapat menerapkan perilaku kasih sayang dalam kehidupan sehari-hari
E. MATERI POKOK
·
Bagian-bagian
tumbuhan
·
Kasih
sayang sesama teman di sekitar sekolah
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·
Meng
menarik ecek kehadiran siswa
·
Berdoa
bersama untuk memulai pelajaran
·
Mempersiapkan
perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·
Mengkondisikan
siswa agar siap belajar
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
4. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar tumbuhan di atas
·
Guru
bertanya kepada siswa nama masing-masing bagian tumbuhan di atas
·
Siswa
menyebutkan nama gambar di atas
·
Siswa
menunjukkan masing-masing bagian tumbuan sesuai perintah
·
Siswa
menunjukkan gambar daun
·
Siswa
menunjukkan gambar batang
·
Siswa
menunjukkan gambar akar
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menunjukkan gambar contoh kasih sayang sesama teman
5. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru
melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·
Guru
mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·
Observasi
·
Tanya
Jawab
b. Alat Pembelajaran
·
Gambar
tumbuhan
·
Gambar
contoh kasih sayang
c. Sumber
·
Buku
IPA
·
Buku
PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK
LANJUT
d.
Teknik
Penilaian
·
Lisan
·
Kinerja
e.
Bentuk Instrumen
Penilaian
1.
Soal Tes
Lisan
·
Menyebutkan
nama gambar yang ditunjukkan
·
Menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan
·
Menyebutkan
contoh kasih sayang sesama teman
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menyebutkan nama gambar yang ditunjukkan
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menyebutkan bagian-bagian tumbuhan
|
|
|
3.
|
Menyebutkan contoh kasih sayang sesama teman
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
·
Menunjukkan
gambar tumbuhan
·
Menunjukkan
gambar akar
·
Menunjukkan
gambar batang
·
Menunjukkan
gambar daun
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang sesama teman di sekitar sekolah
Format Penilaian
Tes Kinerja
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menunjukkan gambar tumbuhan
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menunjukkan gambar akar
|
|
|
3.
|
Menunjukkan gambar batang
|
|
|
4.
|
Menunjukkan gambar daun
|
|
|
5.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang sesama teman sekelas
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 15
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
3. Tindak Lanjut
·
Remedial
: Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang
kembali di rumah
·
Pengayaan
: Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP
196411171992031004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Keluarga I
Kelas / Semester : III /
I
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
- Memahami identitas keluarga
PKn
- Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menyebutkan panggilan kerabat orang tuanya
1.1 Mengenal perbuatan kasih sayang
C. INDIKATOR
·
Menunjukkan
gambar ayah
·
Menunjukkan
gambar ibu
·
Menyebutkan
panggilan ayah
·
Menyebutkan
panggilan ibu
·
Menunjukkan
gambar anggota keluarga
·
Menunjukkan
gambar yang mencerminkan kasih sayang keluarga
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang
- Siswa dapat menyebutkan panggilan anggota keluarga
E. MATERI POKOK
·
Kasih
sayang keluarga
·
Panggilan
anggota keluarga
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Berdoa
bersama untuk memulai pelajaran
·
Mempersiapkan
perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·
Mengkondisikan
siswa agar siap belajar
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Guru
bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan panggilan ayah
·
Siswa
menjebutkan panggilan ibu
·
Siswa
menunjukkan gambar ayah
·
Siswa
menunjukkan gambar ibu
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang ayah
3. Kegiatan Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru
melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·
Guru
mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·
Observasi
·
Tanya
Jawab
b. Alat Pembelajaran
·
Gambar
ayah dan ibu
·
Gambar
contoh kasih sayang ayah dan ibu
c. Sumber
·
Buku
IPS
·
Buku
PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK
LANJUT
a.
Teknik
Penilaian
·
Lisan
·
Kinerja
b.
Bentuk
Instrumen Penilaian
1.
Soal Tes
Lisan
·
Menyebutkan
panggilan ayah
·
Menyebutkan
panggilan ibu
·
Menyebutkan
contoh kasih sayang ayah dan ibu
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menyebutkan panggilan ayah
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menyebutkan panggilan ibu
|
|
|
3.
|
Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 9
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2.
Soal Tes
kinerja
·
Menunjukkan
gambar ayah
·
Menunjukkan
gambar ibu
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ayah
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ibu
Format Penilaian
Tes Kinerja
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menunjukkan gambar ayah
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menunjukkan gambar ibu
|
|
|
3.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
|
|
|
4.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
f. Tindak Lanjut
·
Remedial
: Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang
kembali di rumah
·
Pengayaan
: Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto, S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : SLB AYAHBUNDA
Satuan Pendidikan : SDLB
Jenis Kelainan : Tunagrahita Sedang
Tema / Sub Tema : Keluarga II
Kelas / Semester : III /
I
TP :
2010 - 2011
Alokasi Waktu : . . . x Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
IPS
- Memahami identitas keluarga
PKn
- Memerapkan hak anak di rumah
B. KOMPETENSI DASAR
1.2 Menyebutkan panggilan kerabat saudara kandung
1.2 Membiasakan menyayangi sesama keluarga
C. INDIKATOR
·
Menunjukkan
gambar kakak
·
Menunjukkan
gambar adik
·
Menyebutkan
panggilan kakak
·
Menyebutkan
panggilan adik
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ibu
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ayah
·
Menunjukkan
gambar kasih kakak dan adik
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
- Setelah kegiatan pembelajaran selesai, diharapkan siswa dapat menunjukkan gambar yang mencerminkan kasih sayang sesama anggota keluarga
- Menyebutkan panggilan kakak dan adik
E. MATERI POKOK
·
Kasih
sayang keluarga
·
Panggilan
anggota keluarga
F. LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal / Pendahuluan ( 5 menit )
·
Mengecek
kehadiran siswa
·
Berdoa
bersama untuk memulai pelajaran
·
Mempersiapkan
perlengkapan/alat-alat untuk kegiatan belajar
·
Mengkondisikan
siswa agar siap belajar
·
Guru
memberikan motivasi kepada siswa guna menarik minat anak dalam
belajar
2. Kegiatan inti ( 20 menit )
Pertemuan . . . s/d . . .
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Guru
bertanya kepada siswa nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan panggilan kakak
·
Siswa
menjebutkan panggilan adik
·
Siswa
menunjukkan gambar kakak
·
Siswa
menunjukkan gambar adik
·
Guru
menyuruh siswa mengamati gambar di bawah ini
·
Guru
bertanya kepada siswa tentang gambar di atas
·
Siswa
menyebutkan nama masing-masing gambar di atas
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang ayah
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang ibu
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang kakak
·
Siswa
menunjukkan gambar kasih sayang adik
3.
Kegiatan
Akhir/ Penutup ( 5 menit )
·
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari
·
Guru
melakukan evaluasi dengan mengadakan tes
·
Guru
mengajak siswa berdoa atas wawasan yang telah diperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
·
Observasi
·
Tanya
Jawab
b. Alat Pembelajaran
·
Gambar
kakak dan adik
·
Gambar
contoh kasih sayang kakak dan adik
c. Sumber
·
Buku
IPS
·
Buku
PKn
H. PENILAIAN DAN TINDAK
LANJUT
a. Teknik Penilaian
·
Lisan
·
Kinerja
b. Bentuk Instrumen Penilaian
1. Soal Tes Lisan
·
Menyebutkan
panggilan kakak
·
Menyebutkan
panggilan adik
·
Menyebutkan
contoh kasih sayang ayah dan ibu
·
Menyebutkan
contoh kasih sayang kakak dan adik
Format Penilaian Tes Lisan
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menyebutkan panggilan kakak
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menyebutkan panggilan adik
|
|
|
3.
|
Menyebutkan contoh kasih sayang ayah dan ibu
|
|
|
4.
|
Menyebutkan contoh kasih sayang kakak dan adik
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 12
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
2. Soal Tes kinerja
·
Menunjukkan
gambar kakak
·
Menunjukkan
gambar adik
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ayah
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang ibu
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang kakak
·
Menunjukkan
gambar kasih sayang adik
Format Penilaian
Tes Kinerja
Nama :
No
|
Uraian
|
Skor Perolehan
|
Keterangan Skor
|
1.
|
Menunjukkan gambar kakak
|
|
3 = dapat melakukan dengan benar tanpa bantuan
2 = dapat melakukan tetapi kurang benar dengan bantuan
1 = tidak dapat melakukan walaupun dengan bantuan
|
2.
|
Menunjukkan gambar adik
|
|
|
3.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang ayah
|
|
|
4.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang ibu
|
|
|
5.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang kakak
|
|
|
6.
|
Menunjukkan gambar kasih sayang adik
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
Nilai Skor :
|
Kriteria penilaian soal lisan
Skor minimum 3, skor maksimum 18
Nilai : Skor Perolehan x 100
Skor Maksimum
3. Tindak Lanjut
·
Remedial
: Bagi siswa yang belum mampu diberikan remedial dengan memintanya mengulang
kembali di rumah
·
Pengayaan
: Bagi siswa yang telah mampu diberikan gambar-gambar lainnya
Bogor, Juli 2011
Mengetahui, Guru Kelas
Kepala Sekolah
Titin Sulistiawati, S.Pd Nuraliah
Pengawas Sekolah PLB
Caryoto,
S.Pd.M.MPd
NIP 196411171992031004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar