RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
NamaSekolah : SLB Ayahbunda
SatuanPendidikan : SDLB
JenisKelainan : Tunagrahita Sedang
Kelas/Semester : I / I
TP : 2011
– 2012
Tema :
DiriSendiri
AlokasiWaktu : … X Pertemuan
A. STANDAR KOMPETENSI
Berbicara
2. Memperkenalkandiri
MembacaPermulaan
3. Membacapermulaan
Menulis
4. Memahamicarapenulisanpermulaan
1.
Memahamiidentitasdiri
Makhlukhidupdan
proses kehidupannya
1.
Memahamibagian-bagiananggotatubuhdankegunaannyasertacara-caramerawatnya
Bilangan
1.
Mengenalbilangan 1 – 5
B. KOMPETENSI DASAR
2.1
Menyebutkannamadiri
2.2
Menyebutkannama-namakeluarga
3.1
Membacanyaringhurufvokal
3.2Membaca nyaringhurufkonsonan
3.3Membaca nyaringsuku kata sederhana
4.1
Menyalinhuruf
4.2
Menyalinsuku kata dan kata sederhana
1.1
Mendeskripsikanbagiananggotatubuh
1.2
Mendeskripsikanfungsibagiananggotatubuh
1.3
Mendeskripsikancara-caramerawattubuh
1.1
Membilanganbenda 1 – 5
1.2
Mengurutkanbenda 1 – 5
C. INDIKATOR
BAHASA
INDONESIA
►Mengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
►Menunjukkannamapanggilan/lengkapanggotakeluarga
►Menamainamapanggilananggotakeluargadimaksud
►Menyebutkanhuruf
vocal
►Menunjukkanhuruf
vocal
►Menyebutkanhurufkonsonan
►Menunjukkanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku
kata dimaksud
►Menunjukkansuka
kata dimaksud
►Menebalkanhuruf
►meniruhuruf
yang dimaksud
►Menebalkan
kata/suku kata
►Menirusuku
kata/kata dimaksud
IPA
►Menyebutkannamaanggotatubuh
►Menunjukkananggotatubuhdimaksud
►Menamaianggotatubuhdimaksud
►menyebutkanfungsianggotatubuh
►Membedakanfungsianggotatubuh
►Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Mendemonstrasikancaramerawattubuh
►Menerapkancaramerawatanggotatubuh
IPS
►Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Mengucapkannamapanggilandirisendiri
►Menunjukkannamapanggilandirisendiri
►Menamainamapanggilan
photo dimaksud
►Mengucapkannamalengkapdirisendiri
►Menunjukkannamalengkapdirisendiri
►Menamainamalengkap
photo dimaksud
MATEMATIKA
►Membacalambangbilangan
►Menulislambangbilangan
►Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelahselesaimelaksanakankegiatanpembelajaran diharapkan :
BAHASA
INDONESIA
►Siswadapatmengucapkannamapanggilan/lengkapsendiri
►Siswadapatmenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
►Siswadapatmenamainamapanggilan/lengkapdirisendiri
►Siswadapatmenyebutkanhuruf vocal
►Siswadapatmenunjukanhuruf vocal
►Siswadapatmenyebutkanhurufkonsonan
►Siswadapatmenunjukanhurufkonsonan
►SiswadapatMenyebutkansuku kata
dimaksud
►Siswadapatmenunjukansuku kata dimaksud
►Siswadapatmenebalkanhuruf
►Siswadapatmeniruhurufdimaksud
►Siswadapatmenebalkan kata/suku kata
►Siswadapatmenirusuku kata/kata
dimaksud
IPA
►Siswadapatmenyebutkannamaanggotatubuh
►Siswadapatmenunjukananggotatubuhdimaksud
►Siswadapatmenamaianggotatubuhdimaksud
►Siswadapatmenyebutkanfungsianggotatubuh
►Siswadapatmembedakanfungsianggotatubuh
►Siswadapatmenyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Siswadapatmendemontasikancaramerawatanggotatubuh
►Siswadapatmenerapkancaramerawatanggotatubuh
IPS
►Siswadapatmengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Siswadapatmenjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Siswadapatmengucapkannamapanggilandirisendiri
►Siswadapatmenunjukkannamapanggilandirisendiri
►Siswadapatmenamainamapanggilan photo
dimaksud
►Siswadapatmengucapkannamalengkapdirisendiri
►Siswadapatmenunjukkannamalengkapdirisendiri
►Siswadapatmenamainamalengkap photo
dimaksud
MATEMATIKA
►Siswadapatmembacalambangbilangan
►Siswadapatmenulislambangbilangan
►Siswadapatmenunjukanlambangbilangandimaksud
►Siswadapatmembilangsecaraurutdaribilangan
yang ditentukan
►Siswadapatmenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
E.
MATERI PEMBELAJARAN
BAHASA INDONESIA
►Namadiri
►Hurufvokal
►Hurufkonsonan
►Suku kata
►Menyalinhuruf
IPA
►Bagiananggotatubuh
►Fungsibagiananggotatubuh
►Perawatananggotatubuh
IPS
►Identitasdiri
Matematika
►Bilangan
F.
Langkah – langkah pembelajaran
- Kegiatan awal ( 5 menit )
a.Guru menyiapkan bahan dan alat pembelajaran
b.Guru memimpin doa sebelum belajar
c.Guru mengabsen dan mengarahkan siswa untuk memusatkan perhatian
d.Guru mengecek kesiapan siswa
untuk melaksanakan pembelajaran
e.Gurusecaralisanmengadakanpretestentangmateripelajaran
yang akandisampaikan
2. KegiatanInti (20 menit)
Pertemuanminggu
… s/d minggu …
►Guru
menyuruhsiswamengucapkannamapanggilan/lengkapdiri
►Guru menyuruhsiswamenunjukkannamapanggilan/lengkapdiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilanlengkapdirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenyebutkanhuruf
vocal
►Guru menyuruhsiswamenunjukkanhuruf
vocal
►Guru
menyuruhsiswamenyebutkanhurufkonsonan
►Guru
menyuruhsiswamenunjukkanhurufkonsonan
►Guru menyuruhsiswamenyebutkansuku kata
dimaksud
►Guru menyuruhsiswamenunjukkansuku kata
dimaksud
►Guru menyuruhsiswamenebalkanhuruf
►Guru menyuruhsiswameniruhurufdimaksud
►Guru menyuruhsiswamenebalkan kata/suku
kata
►Guru menyuruhsiswamenirukansuku
kata/kata dimaksud
►Guru
menyuruhsiswamenyebutkannamaanggotatubuh
►Guru
menyuruhsiswamenunjukananggotatubuhdimaksud
►Guru
menyuruhsiswamenamaianggotatubuhdimaksud
►Guru
menyuruhsiswamenyebutkanfungsianggotatubuh
►Guru
menyuruhsiswamembedakanfungsianggotatubuh
►Guru
menyuruhsiswamenyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
►Guru
menyuruhsiswamenerapkancaramerawatanggotatubuh
►Guru menyuruhsiswamengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Guru
menyuruhsiswamenjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Guru menyuruhsiswamengucapkannamapanggilandirisendiri
►Guru
menyuruhsiswamenunjukannamapanggilandirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamapanggilan
photo tersebut
►Guru
menyuruhsiswamengucapkannamalengkapdirisendiri
►Guru
menyuruhsiswamenunjukannamalengkapdirisendiri
►Guru menyuruhsiswamenamainamalengkap
photo tersebut
►Guru
menyuruhsiswamembacalambangbilangan
►Guru
menyuruhsiswamenulislambangbilangan
►Guru
menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandimaksud
►Guru
menyuruhsiswamembilangsecaraurutdaribilangan yang ditentukan
►Guru menyuruhsiswamenunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
3. KegiatanAkhir/penutup (5 menit)
►Guru
bersamasiswamenyimpulkanmateri yang telahdipelajari
►Guru
melakukanevaluasidenganmengadakantes
►Guru
mengajaksiswaberdo’aataswawasan yang telahdiperoleh
G. PERANGKAT PEMBELAJARAN
a. Metode
►Tanya
Jawab
►Ceramah
►Tugas
b. AlatPembelajaran
►Bukuhurufdan
kata
►Gambaranggotatubuh
►Gambarbilangan
c. Sumber
►BukuBahasa
Indonesia
►Buku IPA
►Buku IPS
►BukuMatematika
H.
Penilaiandantindaklanjut
·
Soalteslisan
:
►Mengucapkannamapanggilandiri
►Mengucapkannamalengkapdiri
►Menunjukkannamapanggilandiri
►Menunjukkannamalengkapdiri
►Menamainamapanggilandiri
►Menamainamalengkapdiri
►Menyebutkanhuruf
vocal
►Menunjukanhuruf
vocal
►Menyebutkanhurufkonsonan
►Menunjukanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku
kata
►Menunjukansuku
kata
►Menyebutkanfungsianggotatubuh
►Membedakanfungsianggotatubuh
►Menyebutkancaramerawatanggotatubuh
►Mendemonstrasikancaramerawatanggotatubuh
►Menerapkancaramerawatanggotatubuh
►Mengangkattangansaatdibacakandaftarhadir
►Menjawabsaatditanyakankeberadaannya
►Menamainamapanggilan
photo tersebut
►Menamainamalengkap
photo tersebut
►Membilangsecaraurutdaribilangan
yang ditentukan
►Menunjukanlambangbilangandenganurutandimaksud
·
Soalteskinerja
:
►Menebalkanhuruf
►Menebalkansuku
kata
►Mengidentifikasianggotatubuh
►Mengidentifikasilambangbilangan
·
Contoh
instrument penilaian :
►Sebutkannamapanggilan
►Sebutkanhuruf
vocal
►Sebutkanhurufkonsonan
►Menyebutkansuku
kata
►Sebutkanfungsianggotatubuh
►Sebutkancaramerawatanggotatubuh
·
Tindaklanjut
►Remedial
bagisiswa yang belummampumendapattugasberupa PR
►Pengayaan,
bagisiswa yang telahmampujugamendapattugasberupa PR
Mengetahui : Bogor,
Juli 2011
Pengawas PLB KepalaSekolah Guru Kelas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar