RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB …
Kelas/
Semester : VI/I
Tema : Diri Sendiri
Minggu/
Hari ke : VI/ 1-6
Alokasi
Waktu : 3xpertemuan (@ 30 menit)
A.Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Memahami
laporan dan membaca sekilas kolom khusus
Matematika
Mengenal
bentuk bangun ruang sederhana
IPA
Memahami
berbagai cara gerak,sumber energi dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami
hidup sehat
PPkn
Mengenal
makna sumpah pemuda
Keterampilan
Membuat
prakarya dari kertas
B.Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
Membaca
intensif laporan hasil pengamatan atau kunjungan
Matematika
Mengelompokkan
bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut, limas
IPA
Menyebutkan
sumber energi yang terdapat disekitar dan tujuan penggunaanya
IPS
Mengenal
cara hidup hemat
PPkn
Menjelaskan
sumpah pemuda
Keterampilan
Menjelaskan
cara membuat udang galah dari kertas
C.Indikator
Mata
Pelajaran & Indikator
Bahasa
Indonesia :
§ Membaca laporan hasil kunjungan
Matematika
:
§ Mengelompokkan bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut,
limas
§ Menunjukkan bentuk bangun ruang balok kubus, bola, kerucut, limas
IPA
§ Mencari contoh- contoh sumber energi panas dan alat- alat rumah
tangga yang menggunakan energi panas
IPS
§ Menjelaskan manfaat hidup hemat.
PPkn
§ Menjelaskan terjadinya sumpah pemuda
Bina
Diri
§ Menerapkan cara merawat barang- barang pribadi
Ketrampilan
§ Mempraktekkan membuat udang galah dari kertas lipat
D.Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü Membaca laporan hasil kunjungan
ü Mengelompokkan bentuk bangun ruang balok, kubus, bola, kerucut,
limas
ü Menunjukkan bentuk bangun ruang balok kubus, bola, kerucut, limas
ü Mencari contoh- contoh sumber energi panas dan alat- alat rumah
tangga yang menggunakan energi panas
ü Menjelaskan manfaat hidup hemat.
ü Menjelaskan terjadinya sumpah pemuda
ü Menerapkan cara merawat barang- barang pribadi
ü Mempraktekkan membuat udang galah dari kertas lipat
E.Materi
Ajar
Dibagian belakang
F.Metode
Pembelajaran
- Ceramah variatif
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demontrasi
G.Langkah-
Langkah Pembelajaran :
ü Kegiatan Awal ( menit )
v Berdoa bersama
v Membahas tugas/ Pekerjaan Rumah
v Bercerita tentang pasar modern dan pasar tradisional
ü Kegiatan Inti (
menit )
Bahasa
Indonesia
v Menyebutkankan tempat- tempat umum yang
bernah dikunjungi.
v Membaca salah satu bacaan tentang laporan
hasil kunjungan “pasar”
v Siswa menyebutkan ciri- ciri umum dari
pasar
Matematika
v Guru menunjukkan berbagai macam bangun datar segitiga, segi empat,
persegi panjang, lingkaran, segitiga sembarang
v Guru menyebutkan unsur bangun datar seperti titik sudut sisi dan
sifat bangun datar
v Bertanya- jawab dengan siswa tentang bangun datar.
IPA
v Guru menjelaskan/ mendeskripsikan tentang
apa itu dan bagaimana energi panas
v Siswa menyebutkan contoh sumber- sumber
energi panas
v Siswa mencari contoh alat- alat rumah
tangga yang menggunakan energi panas
IPS
v Siswa menyebutkan manfaat hidup hemat
v Guru menjelaskan manfaatkan hidup hemat.
PPKN
v Guru mendeskripsikan dan menjelaskan
terjadinya sumpah pemuda
Bina Diri
v Guru mendeskripsikan bagaimana merawat barang- barang pribadi
seperti mainan.
Keterampilan
v Guru memberikan contoh dan siswa mengikuti instruksi cara membuat
udang galah dari kertas lipat
ü Kegiatan Akhir ( menit )
Ø Siswa mencatat materiyang diberikan
Ø Bertanya jawab atau diskusi tentang materi hari ini
Ø Menempel udang galah pada kertas asturo dan membuat hiasan yang
menarik di sekitarnya
Ø Berdoa bersama dan pulang
H.Alat
dan Sumber Belajar
Daftar
Pustaka
Drs H. Panut,
2005. Dunia Sain 3, Yudistira
Sri Ningsih MPd,
2006. Pkn 3, Yudistira.
Sri Astuti,
2002. Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
BKG, 2006,
Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan,
1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Cerdas,
2008, CV. Setiaji
BKG, 2003, Bina
Bahasa Indonesia
2A, Erlangga
LKS Fokus Bahasa
Indonesia
3A, CV Sindhunata
Siskandar, 2001,
Matematika Pandai BErhitung 2, Grasindo
LKS Cerdas dan
Cerah, KElas 3, CV. Setiaji
Tim BKG, 1995,
Kerajinan Tangan & Kesenian, Erlangga
Sumber Alat
Alat peraga
untukbangun datar
Alat praktek
untuk ketrampilan
I.Penilaian
:
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Cara siswa membaca bacaan “ Berkunjung ke
“ dengan memperhatikan :
§ Tanda baca
§ Cara mengekspresikan bacaan
§ Intonasi membaca
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mengetahui bentuk bangun datar
|
||
2
|
Mengetahui sifat bangun datar
|
||
3
|
Mengetahui ada berapa sisi yang dimiliki pada bangun datar
|
||
4
|
Dapat mencontoh
atau membuat bangun datar
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mengerti apa
yang dimaksud dengan energi panas
|
||
2
|
Dapat
menyebutkan contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi panas
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
secara tepat tentang manfaat hidup hemat
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menceritakan
terjadinya/ sejarah Sumpah Pemuda secara garis besar
§ Sebab munculnya Sumpah Pemuda
§ Tanggal mencetusnya
§ Isi Sumpah Pemuda
§ Menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa
|
Bina
Diri
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat
menyebutkan dan merawat barang- barang pribadi
|
Keterampilan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat membuat udang galah dari kertas
lipat
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban yang benar
Nilai Akhir = X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
Dapat mengambil manfaat hidup hemat
Mengetahui : Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah SLB
AyahBunda Guru
Kelas VI
Titin
Sulistiawati S.Pd Nunuk
Indriawati S.E
NUPTK.9838749650300022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar