RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB AyahBunda
Kelas/
Semester : VI / 1
Tema : Lingkungan III
Minggu/
Hari ke : XII /XIII 1 - 6
Alokasi
Waktu : 3xpertemuan (@ 30 menit)
A.Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Memahami
laporan dan membaca sekilas kolom khusus
IPA
Memahami
berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami
peran dan tanggung jawab anggota keluarga
Matematika
Melakukan penjumlahan
dan pengurangan sampai 800
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
Keterampilan
Membuat Karya kerajinan
B.Kompetensi Dasar
Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran,
dll)
IPA
Mendeskripsikan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari dan cara
menghemat energi
IPS
Mengidentifikasi tanggung jawab anggota keluarga
Matematika
Menunjukkan nilai tempat ratusan,dan puluhan.
PPkn
Menyebutkan contoh nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Ketermpilan
Menjelaskan cara menggunakan teknik menyulam (tusuk telujur)
C.Indikator
Mata Pelajaran & Indikator
Bahasa
Indonesia :
§ Menuliskan kembali pesan / info dari majalah anak tentang :”…….”
IPA
§ Menunjukkan energi yang langsung bias di manfaatkan untuk keperluan
sehari – hari.
§ Membedakan Pengaruh kegunaan energi batrei dengan listrik .
IPS
§ Menjelskan akibat jika anak tidak melaksanakan peran dan tanggung
jawabnya.
Matematika
:
§ Melakukan Operasi hitung dengan menggunakan mata uang dalam soal
cerita
PPkn
§ Menyebutkan contoh pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari – hari ( masyarakat.)
Bina
Diri
§ Mempraktekkan cara merawat barang pribadi ( menyemir sepatu ).
Ketrampilan
§ Menyulam dengan teknik sederhana ( tusuk telujur ).
D.Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran
diharapkan siswa dapat :
ü Menuliskan kembali pesan / info dari majalah anak tentang
ü Menunjukkan energi yang langsung bias kita manfaatkan untuk
keperluan sehari - hari
ü Membedakan pengaruh kegunaan energi batrei dengan listrik
ü Menjelaskan akibat jika anak tidak melaksanakan peran dan tanggung jawab
ü Melakukan operasi hitung dengan menggunakan mata uang dalam soal
cerita.
ü Mempraktekkan cara merawat barang pribadi ( menyemir sepati ).
ü Menyebutkan contoh pengalaman nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari – hari ( masyarakat ).
ü Melakukan teknik sulam sederhana ( tusuk telujur )
Materi
Ajar
Dibagian belakang
F.Metode Pembelajaran
- Ceramah variatif, tanya jawab
- Pemberian tugas, demontrasi
G.Langkah- Langkah
Pembelajaran :
ü Kegiatan Awal ( menit )
v Berdoa awal pelajaran
v Pembahasan tugas / PR
v Appersepsi
v Menyiapkan alat pratikum untuk IPA
ü Kegiatan Inti ( menit )
Bahasa Indonesia
v Mencari kembali info tentang “gotong
royong” dari majalah anak
v Menuliskan kembali secara singkat dengan gaya bahasa sederhana
dari info yang di peroleh.
v Guru mengulas / menjelaskan tentang info
yang dari siswa
IPA
v Siswa menyebutkan energi langsung yang bisa
di gunakan untuk keperluan sehari – hari.
v Guru menjelaskan tentang energi langsung
yang bisa diganakan nuntuk keperluan sehari - hari
v Guru meminta siswa menyebutkan kegunaan
energi baterai dan energi listrik secara bergantian.
v Guru menjelaskan perbedaan pengaruh
kegunaan energi batrei dan energi lisrtik.
IPS
v Guru memperlihatkan gambar tentang anak
yang tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya.
v Siswa diminta menyebutkan akibat dari anak yang tidak melaksanakan
peran dan tanggung jawabnya
v Berdiskusi lebih lanjut tentang akibat dari anak yang tidak
melaksanakan peran dan tanggung jawabnya
Matematika
v Guru menuliskan salah satu bentuk soal
cerita kemudian menjelaskan langkah menyelesaikan (operasi hitung) dengan
menggunakan nominal mata uang
v Siswa mengerjakan latihan.
PPKN
v Menjelaskan dan bertanya jawab satu persatu
tentang contoh pengamalan nilai- nilai
sumpah pemuda dimasyarakat
Bina Diri
v Guru menjelaskan dan mempraktekkan langsung cara menyemir sepatu
v Siswa melakukan praktek menyemir sepatu
Keterampilan
v Guru memberi contoh cara menjahit dengan
tusuk telujur dan siswa mengikuti.
ü Kegiatan Akhir ( 10 menit )
Ø Mengulas/ membahas seluruh rangkaian materi hari itu.
Ø Tanya jawab sekilas tentang materi hari itu.
Ø Berdoa sebelum pulang
H.Alat dan Sumber Bahan
Daftar
Pustaka
Drs H. Panut,
2005. Dunia Sain 3, Yudistira
LKS Cerdas
Smester 2 Kelas 3, Setia Aji
LKS Cerah Kelas
3 Semester 1, CV. TEguh Karya
LKS Cemara,
KElas 3 IPA Semester 2. CV Central Wahana Ilmu
LKS IPA Kelas 3
Semester 1, CV. Sindhunata
LKS PKPS Kelas 3
Semester 1. CV Sindhunata
LKS Fokus PKPS
Kelas 3 Semester 1 CV. Sindhunata
Sri Ningsih MPd,
2006. PKn 3, Yudistira.
BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan,
1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Fokus,
Bahasa Indonesia 3A, CV Sindhunata
Majalah Anak
Tim BKG, 1995.
Kerajinan Tangan & Kesenian 2, Erlangga.
Alat
Ø Alat untuk menyemir sepatu ( sikat, lap, semir, sepatu )
Ø Alat untuk praktek IPA ( dibagian bahan ajar )
Ø Gambar peraga IPS dan PPKn
I.Penilaian :
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat menuliskan kembali info dari
majalah anak yang mencakup :
§ Judul
§ Tema
§ Inti/ pokok pikiran
|
|
|
Bina
Diri
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat
mempraktekkan semir sepatu dengan urutan yang benar :
§ Sepatu di lap
§ Disemir dengan sikat, lalu di angin- anginkan
§ Disikat kembali hingga mengkilat
|
|
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menjelaskan
arti gambar ( Kegiatan gotong royong) yang merupakan pengamalan nilai Sumpah
Pemuda ) ( Melambangkan suatu upaya
menggalang persatuan dan kesatuan )
|
|
|
2
|
Menyebutkan
tempat tempat yang biasa digunakan untuk kegiatan gotong royong (jalan,
tempat ronda, mushola)
|
|
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Paham maksud
dari soal cerita ( penyelesaian ditambah atau di kurangkan )
|
|
|
2
|
Dapat mengerjakan
soal cerita dalam bentuk matematika ( Diketahui, ditanyakan, dijawab )
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
§ Menyebutkan energi langsung yang digunakan seharo hari ( listrik,
kimia, cahaya, panas, bunyi )
|
|
|
2
|
Mengetahui
perbedaan pengaruh energi kimia pada batu baterai dan energi listrik
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
dan menjelaskan akibat anak tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya
- Taat dan patuh pada orang tua :
§ Tidak hormat pada orang tua
§ Suka membantah
- Membantu pekerjaan rumah
§ Rumah jadi berantakan
§ Orang tua capek
- Belajar :
§ Bodoh
§ Tidak naik kelas
|
|
|
Ketrampilan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
|||
1
|
Kemampuan
dalam membuat tusuk jelujur yang rapi saling kait mengikuti titik
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban yang benar
Nilai Akhir =
X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
o Ikut berperan aktif dalam kegiatan masyarakat (bergotong royong )
o Ikut dapat melaksanakan peran dan tanggung jawab sebagai anak
o Ikut dapat mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari- hari
merawat barang pribadi ( semir sepatu )
Mengetahui : Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah SLB AyahBunda Guru Kelas VI
Titin Sulistiawati S.Pd Nunuk
Indriawati S.E
NUPTK.9838749650300022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar