Translate

Sabtu, 30 Maret 2013

RPP Kelas VI/C/I




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Nama Sekolah       :  SLB AyahBunda
Kelas/ Semester     :  VI / 1
Tema                     :  Lingkungan III
Minggu/ Hari ke    :  XII /XIII  1 - 6
Alokasi Waktu      :  3xpertemuan (@ 30 menit)

A.Standar Kompetensi
Bahasa Indonesia
Memahami laporan dan membaca sekilas kolom khusus
IPA
Memahami berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami peran dan tanggung jawab anggota keluarga
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan sampai 800
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
Keterampilan
Membuat Karya kerajinan

B.Kompetensi Dasar
Membaca sekilas informasi dalam kolom/rubrik khusus (majalah anak, koran, dll)
IPA
Mendeskripsikan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari dan cara menghemat energi
IPS
Mengidentifikasi tanggung jawab anggota keluarga
Matematika
Menunjukkan nilai tempat ratusan,dan puluhan.
PPkn
Menyebutkan contoh nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Ketermpilan
Menjelaskan cara menggunakan teknik menyulam (tusuk telujur)


C.Indikator
    Mata Pelajaran & Indikator

Bahasa Indonesia :
§ Menuliskan kembali pesan / info dari majalah anak tentang :”…….”
IPA
§ Menunjukkan energi yang langsung bias di manfaatkan untuk keperluan sehari – hari.
§ Membedakan Pengaruh kegunaan energi batrei dengan listrik .
IPS
§ Menjelskan akibat jika anak tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya.
Matematika :
§ Melakukan Operasi hitung dengan menggunakan mata uang dalam soal cerita
PPkn
§ Menyebutkan contoh pengamalan nilai – nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari – hari ( masyarakat.)
Bina Diri
§ Mempraktekkan cara merawat barang pribadi ( menyemir sepatu ).
Ketrampilan
§ Menyulam dengan teknik sederhana ( tusuk telujur ).


D.Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan siswa dapat :
ü  Menuliskan kembali pesan / info dari majalah anak tentang
ü  Menunjukkan energi yang langsung bias kita manfaatkan untuk keperluan sehari - hari
ü  Membedakan pengaruh kegunaan energi batrei dengan listrik
ü  Menjelaskan akibat jika anak tidak melaksanakan peran dan tanggung jawab 
ü  Melakukan operasi hitung dengan menggunakan mata uang dalam soal cerita.
ü  Mempraktekkan cara merawat barang pribadi ( menyemir sepati ).
ü  Menyebutkan contoh pengalaman nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari – hari ( masyarakat ).
ü  Melakukan teknik sulam sederhana ( tusuk telujur )


Materi Ajar
             Dibagian belakang


F.Metode Pembelajaran
  • Ceramah variatif, tanya jawab
  • Pemberian tugas, demontrasi


G.Langkah- Langkah Pembelajaran :
ü  Kegiatan Awal  (    menit )
v  Berdoa awal pelajaran
v  Pembahasan tugas / PR
v  Appersepsi
v  Menyiapkan alat pratikum untuk IPA

ü  Kegiatan Inti  (     menit )
Bahasa Indonesia
v  Mencari kembali info tentang “gotong royong” dari majalah anak
v  Menuliskan kembali secara singkat dengan gaya bahasa sederhana dari info yang di peroleh.
v  Guru mengulas / menjelaskan tentang info yang dari siswa

IPA
v  Siswa menyebutkan energi langsung yang bisa di gunakan untuk keperluan sehari – hari.
v  Guru menjelaskan tentang energi langsung yang bisa diganakan nuntuk keperluan sehari - hari
v  Guru meminta siswa menyebutkan kegunaan energi baterai dan energi listrik secara bergantian.
v  Guru menjelaskan perbedaan pengaruh kegunaan energi batrei dan energi lisrtik.

IPS
v  Guru memperlihatkan gambar tentang anak yang tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya.
v  Siswa diminta menyebutkan akibat dari anak yang tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya
v  Berdiskusi lebih lanjut tentang akibat dari anak yang tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya

Matematika
v  Guru menuliskan salah satu bentuk soal cerita kemudian menjelaskan langkah menyelesaikan (operasi hitung) dengan menggunakan nominal mata uang
v  Siswa mengerjakan latihan.

PPKN
v  Menjelaskan dan bertanya jawab satu persatu tentang contoh pengamalan  nilai- nilai sumpah pemuda dimasyarakat

Bina Diri
v  Guru menjelaskan dan mempraktekkan langsung cara menyemir sepatu
v  Siswa melakukan praktek menyemir sepatu

Keterampilan
v  Guru memberi contoh cara menjahit dengan tusuk telujur dan siswa mengikuti.


ü  Kegiatan Akhir (  10 menit )
Ø  Mengulas/ membahas seluruh rangkaian materi hari itu.
Ø  Tanya jawab sekilas tentang materi hari itu.
Ø  Berdoa sebelum pulang


H.Alat dan Sumber Bahan
Daftar Pustaka
Drs H. Panut, 2005. Dunia Sain 3, Yudistira
LKS Cerdas Smester 2 Kelas 3, Setia Aji
LKS Cerah Kelas 3 Semester 1, CV. TEguh Karya
LKS Cemara, KElas 3 IPA Semester 2. CV Central Wahana Ilmu
LKS IPA Kelas 3 Semester 1, CV. Sindhunata
LKS PKPS Kelas 3 Semester 1. CV Sindhunata
LKS Fokus PKPS Kelas 3 Semester 1 CV. Sindhunata
Sri Ningsih MPd, 2006. PKn 3, Yudistira.
BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan, 1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Fokus, Bahasa Indonesia 3A, CV Sindhunata
Majalah Anak
Tim BKG, 1995. Kerajinan Tangan & Kesenian 2, Erlangga.

Alat
Ø  Alat untuk menyemir sepatu ( sikat, lap, semir, sepatu )
Ø  Alat untuk praktek IPA ( dibagian bahan ajar )
Ø  Gambar peraga IPS dan PPKn

I.Penilaian :
  • Test lisan
  • Tes tertulis
  • Observasi selama proses KBM berlangsung


Bahasa Indonesia

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat menuliskan kembali info dari majalah anak yang mencakup :
§  Judul
§  Tema
§  Inti/ pokok pikiran



Bina Diri

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Dapat mempraktekkan semir sepatu dengan urutan yang benar :
§  Sepatu di lap
§  Disemir dengan sikat, lalu di angin- anginkan
§  Disikat kembali hingga mengkilat



PPkn

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menjelaskan arti gambar ( Kegiatan gotong royong) yang merupakan pengamalan nilai Sumpah Pemuda )   ( Melambangkan suatu upaya menggalang persatuan dan kesatuan )


2
Menyebutkan tempat tempat yang biasa digunakan untuk kegiatan gotong royong (jalan, tempat ronda, mushola)



Matematika

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Paham maksud dari soal cerita ( penyelesaian ditambah atau di kurangkan )


2
Dapat mengerjakan soal cerita dalam bentuk matematika ( Diketahui, ditanyakan, dijawab )



Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
§  Menyebutkan energi langsung yang digunakan seharo hari ( listrik, kimia, cahaya, panas, bunyi )


2
Mengetahui perbedaan pengaruh energi kimia pada batu baterai dan energi listrik



Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Menyebutkan dan menjelaskan akibat anak tidak melaksanakan peran dan tanggung jawabnya
-  Taat dan patuh pada orang tua :
§  Tidak hormat pada orang tua
§  Suka membantah
-   Membantu pekerjaan rumah
§  Rumah jadi berantakan
§  Orang tua capek
-   Belajar :
§  Bodoh
§  Tidak naik kelas



Ketrampilan

No
Aspek Yang Dinilai
Skor
Maks
Skor Perolehan

1
Kemampuan dalam membuat tusuk jelujur yang rapi saling kait mengikuti titik


 







Keterangan Penilaian :

 

                        Banyaknya Jawaban yang benar
Nilai Akhir  =                                                        X 100 %
                        Banyaknya Jumlah Soal


Tindak Lanjut
o Ikut berperan aktif dalam kegiatan  masyarakat (bergotong royong )
o Ikut dapat melaksanakan peran dan tanggung jawab sebagai anak
o Ikut dapat mempraktekkan langsung dalam kehidupan sehari- hari merawat barang pribadi ( semir sepatu )


                       















Mengetahui :                                                                             Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah SLB AyahBunda                                            Guru Kelas VI




Titin Sulistiawati S.Pd                                                          Nunuk Indriawati S.E
NUPTK.9838749650300022                                                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar