RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB AyahBunda
Kelas/
Semester : VI/I/C
Tema : Diri Sendiri
Minggu/
Hari ke : 1/ 1-6
Alokasi
Waktu : 3xpertemuan (@ 30 menit)
A.Standar
Kompetensi
Bahasa Indonesia
Memahami bacaan teks dari cerita anak
Matematika
Melakukan penjumlahan dan pengurangan
sampai 800
IPA
Memahami berbagai cara gerak, sumber energi
dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami hidup hemat
PPkn
Mengenal makna sumpah pemuda
Bina Diri
Hidup sehat
SBK
Membuat prakarya
B.Kompetensi
Dasar
Bahasa Indonesia
Mendengarkan bacaan teks
Matematika
Melakukan penjumlahan sampai 1000
IPA
Mengidentifikasi berbagai gerak benda
melalui percobaan
IPS
Mengenal cara hidup sehat
PPkn
Menunjukkan arti satu nusa, satu bangsa dan
satu bahasa
Bina Diri
Menjelaskan pengertian cara hidup sehat
Keterampilan
Membuat pesawat dari kertas
C.Indikator
Mata
Pelajaran dan Indikator
Bahasa
Indonesia
§ Menyebutkan isi bacaan teks dari cerita anak
§ Menceritakan kembali isi bacaan teks
§ Menyimpulkan isi bacaan
§ Menyebutkan tokoh, watak, latar, tema atau amanat dari bacaan
Matematika
:
§ Menyebutkan nama suatu bilangan
§ Membandingkan nilai tempat satuan, puluhan, ratusan
IPA
§ Mempraktekan penggunaan energi angin dan sinar matahari
IPS
§ Menyebutkan pengertian hidup hemat
PPkn
§ Menjelaskan pengertian makna Sumpah Pemuda
Bina
Diri
§ Menyebutkan pengertian cara hidup bersih dan sehat
Ketrampilan
§ Mempraktekkan cara membuat pesawat dari kertas
D.Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pelajaran diharapkan
siswa dapat :
ü Mendengarkan isi bacaan teks dari cerita anak
ü Menceritakan kembali isi bacaan teks
ü Menyimpulkan isi bacaan
ü Menyebutkan tokoh, watak, latar, tema, amanat dari bacaan
ü Menuliskan tanggapan tokoh, watak, latar, tema, amanat dari bacaan
ü Membaca dan menulis nama suatu bilangan
ü Menunjukkan nilai, tempat, satuan, puluhan, ratusan
ü Mempraktekan penggunaan energi angin dan sinar matahari
ü Menyebutkan pengertian hidup hemat
ü Menjelaskan pengertian makna Sumpah Pemuda
ü Menyebutkan pengertian cara hidup bersih dan sehat
ü Mempraktekkan cara membuat pesawat dari kertas
E.Materi
Ajar
Dibagian belakang
F.Metode
Pembelajaran
- Ceramah variatif
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demontrasi
G.Langkah-
Langkah Pembelajaran :
- Kegiatan Awal ( menit )
Berdoa bersama
v Bertanya jawab pernahkah siswa membaca cerita/ dongeng ?
v Masih ingat judulnya ?
v Memperlihatkan 3 macam bacaan cerita anak dan meminta anak untuk
memilih cerita mana yang menarik ?
- . Kegiatan Inti ( menit )
Bahasa
Indonesia
v Guru menunjuk salah satu siswa untuk membaca teks cerita “Siasat kera “
v Guru membacakan dengan intonasi dan gaya membaca cerita yang menarik
v Guru meminta siswa menyebutkan isi bacaan dari pertanyaan yang ada
dalam bentuk tertulis
v Guru meminta siswa satu persatu menceritakan kembali isi bacaan teks
v Meminta siswa membuat kesimpulan isi bacaan dengan gaya bahasa sendiri
v Guru meminta siswa menyebutkan siapa saja tokoh, apa tema, bagaimana
watak tokoh dongeng dan amanat yang terdapat dalam bacaan.
v Guru meminta siswa membuat tanggapan tentang tokoh, tema, watak dan
amanat yang terdapat dalam bacaan
Matematika
v Guru mengenalkan lambang bilangan sampai 800 (secara acak )
v Tanya jawab tentang nama lambang bilangan sampai 800
v Guru dan siswa mendiskusikan posisi nilai tempat satuan, puluhan dan
ratusan.
v Siswa mengerjakan latihan soal.
IPA
v Guru menyebutkan alat dan bahan yang diperlukan untuk praktek energi
angin
v Guru mengecek persiapan masing- masing siswa terhadap alatdan bahan
yang belum ada
v Guru mendemontrasikan langkah kerja dalam praktek energi angin
v Siswa mempraktekan penggunaan energi angin.
IPS
v Guru mendeskripsikan tentang pengertian hidup hemat
PPKN
v Guru menuliskan isi teks Sumpah Pemuda
v Guru dan Siswa bersama- sama membaca isi Sumpah Pemuda
v Guru bertanya apa sebenarnya Sumpah Pemuda
v Guru menjelaskan tentang pengertian Sumpah Pemuda
Bina Diri
v Guru menjelaskan pengertian dari arti bersih dan sehat
v Siswa berdiskusi arti bersih dan sehat
Keterampilan
v Menyiapkan bahan untuk membuat pesawat dari kertas
v Siswa membuat pesawat dari kertas set
- Kegiatan Akhir ( 10 menit )
Ø Menyimpulkan dan memberi tanggapan terhadap tokoh, tema, watak dan
amanat yang ada bacaan teks cerita
Ø Membahas bersama terhadap latihan siswa yang sudah dikerjakan
Ø Menyimpulkan bersama dari hasil mempraktekkan energi angin
Ø Bertanya jawab tentang pengertian makna sumpah pemuda
Ø Menyimpulkan arti bersih dan sehat
Ø Menerbangkan hasil origami bentuk pesawat
H.Alat
dan Sumber Belajar
Daftar Pustaka
Tim BKG, Bina Bahasa Indonesia
2A, Erlangga, 1994
Drs H. Panut, 2005, Dunia Sain 3, Yudistira
Siskandar, 2001. Matematika 3A Pandai Berhitung. Grasindo
LKS Permata & Fokus PKPS Kelas 3, CV Sindhunata
Warsito Adnan, 1999, PPKn, Tiga Serangkai
Sri Astuti, 2002, Kepedulian pada diri dan lingkungan 3A, Balai
Pustaka
Tim BKG, 1995. Kerajinan Tangan & Kesenian 2, Erlangga
Tim Matematika, 2002, Cerdas Matematika, Yudistira.
Sumber Bahan
ü Kertas lipat, gunting ( Bahan ketrampilan )
ü Alat dan Bahan untuk IPA ada di bahan ajar
I.Penilaian
:
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
( 0 – … )
|
1
|
Menceritakan kembali dengan menjawab
pertanyaan di bawah ini :
a.
Mengapa kera ingin ke
seberang sungai ?
b.
Dengan cara apa kera
menyeberang sungai ?
c.
Apa yang dikatakan buaya
sampai di tengah sungai ?
d.
Bagaimana siasat kera untuk
menyelamatkan diri ?
e.
Apa yang dilakukan kera
ketika kembali ke tepi sungai ?
|
|
|
2
|
Menyebutkan tokoh, watak, latar, tema
atau amanat
a.
Siapa saja tokoh dalam cerita
di atas ?
b.
Bagaimana sifat masing-
masing tokoh ?
c.
Apa yang menjadi pesan atau
amanat cerita?
d.
Apa yang menjadi tema cerita?..
e.
Apa kesimpulan cerita di atas
?
|
|
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
( 0 – …)
|
1
|
Menyebutkan nama suatu bilangan
a.
Tiga ratus tujuh puluh
satu (……..)
b.
Lima ratus
sembilan (……..)
c.
Tujuh ratus tujuh puluh
tujuh (……..)
d.
Enam ratus empat puluh (……..)
e.
Empat ratus tiga puluh (……..)
|
|
|
2
|
Menuliskan nama suatu bilangan
a.
245 (……………………………………..)
b.
453 (……………………………………..)
c.
351 (……………………………………..)
d.
681 (……………………………………..)
e.
701 (……………………………………..)
|
|
|
3
|
Menentukan nilai tempat
a.
275 = … ratusan + ….puluhan + … satuan
b.
200 = … ratusan + ….puluhan + … satuan
c.
654 = … ratusan + ….puluhan + … satuan
d.
444 = … ratusan + ….puluhan + … satuan
e.
665 = … ratusan + ….puluhan + … satuan
|
|
|
4
|
Sesuaikan dengan nilai tempatnya
a.
578, angka 7 menempati nilai
…………
b.
756, angka 6 menempati nilai
…………
c.
632, angka 6 menempati nilai
…………
d.
246, angka 2 menempati nilai
…………
e.
431, angka 1 menempati nilai
…………
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
( 0 – …)
|
1
|
Mempraktekkan
adanya energi angin
Cara kerja
sudah benar ? ( lihat bagian materi ajar yang dinilai )
|
|
|
2
|
Dapat
menyebutkan penggunaan energi angin
a.
Menggerakkan kincir angin
b.
Membantu nelayan melaut
c.
Membantu penyerbukan dan
penyebaran biji tanaman
d.
Bermanfaat untuk olah ragawan
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
( 0 – …)
|
1
|
Pengertian
hidup hemat ( 2 saja )
a.
hemat berarti tidak boros
b.
menggunakan sesuatu
seperlunya saja
|
|
|
2
|
Penanaman arti
hidup dan dimana dilaksanakan
sejak dini di
rumah serta sekolah
|
|
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
( 0 – …)
|
1
|
Mendiskusikan
arti Sumpah Pemuda
a.
Apakah arti Sumpah Pemuda ?
Janji atau ikrar yang dicetuskan oleh sekelompok pemuda Indonesia
pada masa Pergerakan Nasional
b.
Tanggal berapa Sumpah Pemuda
dicetuskan
28 Oktober 1928
c. Apa sebab munculnya Sumpah Pemuda ?
Tidak ada persatuan dan kesatuan
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban
Nilai Akhir = X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
Siswa dapat membiasakan hidup hemat.
Mengetahui : ParungPanjang,………2009
Kepala Sekolah SLB
AyahBunda Guru Kelas VI
Titin
Sulistiawati S.Pd Nunuk Indriawati S.E
NUPTK.9838749650300022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar