RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB AyahBunda
Kelas/
Semester : VI/I
Tema : Diri Sendiri
Minggu/
Hari ke : VII/ 1-6
Alokasi
Waktu : 3 x Pertemuan
Mata
Pelajaran Indikator
Bahasa
Indonesia :
Menulis laporan
hasil kunjungan
Matematika
:
§ Membedakan fungsi jarum panjang dan jarum pendek jam
IPS
§ Menyebutkan contoh perilaku hidup boros
IPA
§ Menulis sumber- sumber energi listrik dan alat- alat rumah tangga
yang menggunakan energi listrik
PPkn
§ Menjelaskan terjadinya proses sumpah pemuda
Bina
Diri
§ Merawat barang- barang pribadi ( merawat sepatu )
Ketrampilan
§ Mempraktekkan cara membuat angsa putih
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü Menulis laporan hasil kunjungan
ü Membedaka fungsi jarum panjang dan jarum pendek
ü Menyebutkan contoh perilaku hidup boros
ü Menulis sumber- sumber energi listrik dan alat- alat rumah tangga
yang menggunakan energi listrik
ü Menjelaskan terjadinya proses sumpah pemuda
ü Merawat barang- barang pribadi ( merawat sepatu )
ü Mempraktekkan cara membuat angsa putih
Materi
Ajar
Dibagian belakang
Metode
Pembelajaran
- Ceramah variatif
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demontrasi
Langkah-
Langkah Pembelajaran :
- Kegiatan Awal ( menit )
v Berdoa bersama
v Bertanya jawab interaktif tentang bangun tidur jam berapa ?
v Adakah jam dinding di kamar tidur anak ?
B. Kegiatan Inti ( menit )
Bahasa
Indonesia
v Pembelajaran outdoor siswa diminta membawa
alat tulis dan buku
v Guru meminta siswa untuk berkunjung atau
melihat ke kantin sekolah
v Guru menjelaskan apa saja yang harus
diamati dan dicatat
·
Siapa
nama penjaga kantin
·
Apasaja
yang dijual
·
Siapa
yang sudah membeli
·
Bagaimana
situasi kantin
·
Bagaimana
keadaan kantin
Matematika
v Guru menunjukkan jam dinding
v Guru menjelaskan satuan ukur waktu terdiri dari jam, menit, detik
v Siswa menyebutkan macam macam jenis jam ( dinding, meja/ weker,
analog, digital )
v Guru menjelaskan tentang fungsi masing- masing jarum jam
IPS
v Guru menjelaskan lawan kata hemat berarti
boros
v Guru menjelaskan maksud dari boros
v Siswa menyebutkan contoh- contoh perilaku
hidup boros
IPA
v Guru mereview tanya jawab tentang apa itu
energi
v Guru menjelaskan tentang sumber- sumber
energi listrik
v Siswa menyebutkan alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik
PPKN
v Guru meminta siswa bercerita proses
terjadinya sumpah pemuda ( sebab dan tanggal lahirnya ) dan isi Sumpah Pemuda
v Guru meminta siswa menyanyikan lagu satu nusa, satu bangsa, satu
bahasa
v Guru menjelaskan tentang peran serta tokoh tokoh dalam Sumpah Pemuda
Bina Diri
v Guru menjelaskan cara merawat sepatu.
Keterampilan
v Siswa membuat angsa putih dari kertas lipat
C. Kegiatan Akhir (
menit )
Ø Siswa melakukan kunjungan ke kantin 2 siswa
Ø Siswa mencatat penjelasan guru tentang fungsi jarum jam
Ø Siswa mencatat penjelasan tentang maksud dan contoh perilaku hidup
boros
Ø Siswa mencari artikel di koran tentang alat rumah tangga yang
menggunakan energi listrik
Ø Berdoa bersama dan pulang
Alat
dan Sumber Bahan
§ Kantin Sekolah
§ Jam dinding
§ Gambar perilaku hidup boros
§ Gambar tokoh sumpah pemuda
§ Bahan untuk ketrampilan
Alat
dan Sumber Belajar
Daftar
Pustaka
Drs H. Panut,
2005. Dunia Sain 3, Yudistira
Sri Ningsih MPd,
2006. Pkn 3, Yudistira.
Sri Astuti,
2002. Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
BKG, 2006,
Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan,
1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Cerdas,
2008, CV. Setiaji
BKG, 2003, Bina
Bahasa Indonesia
2A, Erlangga
LKS Fokus Bahasa
Indonesia
3A, CV Sindhunata
Siskandar, 2001,
Matematika Pandai BErhitung 2, Grasindo
LKS Cerdas dan
Cerah, KElas 3, CV. Setiaji
Tim BKG, 1995,
Kerajinan Tangan & Kesenian, Erlangga
Sumber
Alat
Alat peraga untukbangun datar
Alat praktek untuk ketrampilan
Penilaian
:
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mampu berkomunikasi selama melakukan
kunjungan dengan bertanya :
§ Nama penjaga kantin
§ Apa saja barang yang di jual ( bila siswa tidak tahu nama barang
dan bisa bertanya )
§ Apa saja yang biasanya dibeli di kantin
|
|
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat
menyebutkan satuan ukur waktu ( jam, menit, detik )
|
|
|
2
|
Dapat
menyebutkan fungsi jarum jam
· Jarum pendek menunjukkan jam
· Jarum panjang menunjukkan menit
· Jarum merah menunjukkan detik
|
|
|
3
|
Dapat membaca
jam bulat ( jarum panjang diangka 12 ) dan menuliskannya
Jam : 01.00
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mampu
menyebutkan alat rumah tangga yang menggunakan energi listrik ( setrika,
kulkas, magic jar, televisi )
|
|
|
2
|
Mampu
menyebutkan sumber energi listrik
( diesel, matahari, air )
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat mendeskripsikan
arti boros ( melakukan sesuatu tidak pada ukurannya/ terlalu berlebihan)
|
|
|
2
|
Dapat menyebutkan contoh perilaku hidup
boros (suka jajan, ganti ganti peralatan sekolah)
|
|
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat menyanyikan
lagu satu nusa, satu bangsa, satu bahasa denganm runtut
|
|
|
2
|
Dapat
menyebutkan tokoh- tokoh dalam Sumpah Pemuda (Wr.Supratman, Moh. Yamin)
|
|
|
Bina
Diri
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Dapat merawat
untuk sepatu jenis non kulit ( dicuci )
|
|
|
2
|
Dapat merawat
untuk sepatu jenis kulit ( disemir)
|
|
|
Keterampilan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyiapkan
danmengetahui alat praktek yang dipakai untuk membuat angsa putih
|
|
|
2
|
Memberi
hiasan/ mempraktekkan angsa dengan gambar sayap, ekor, mata dan paruh
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban yang benar
Nilai Akhir =
X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
Dapat membaca waktu dengan benar
Mengetahui : , ………………..2009
Kepala Sekolah Guru
Kelas VI
____________________ _________________________
NIP.
………………… NIP. …………………
Tidak ada komentar:
Posting Komentar