RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB AyahBunda
Kelas/
Semester : VI/I
Tema : Diri Sendiri
Minggu/
Hari ke : V/ 1-6
Alokasi
Waktu : 3xpertemuan (@ 35 menit)
A.Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Memahami
berbagai jenis formulir, membuat ringkasan atau meringkas
Matematika
Melakukan
operasi hitung
PPkn
Mengenal
makna sumpah pemuda
IPS
Memahami
hidup sehat
IPA
Memahami
berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaannya dalam kehidupan
sehari-hari
Keterampilan
Membuat
karya seni
B.Standar Kompetensi
Bahasa
Indonesia
Membuat
ringkasan sederhana dari teks yang dibaca atau didengar
Matematika
Melakukan
operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan
PPkn
Mengenal
makna sumpah pemuda
IPS
Memahami
hidup sehat
IPA
Memahami berbagai
cara gerak, sumber energi, dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
Keterampilan
Mempraktekan
cara membuat rumah dari kertas lipat
C.Indikator
Mata
Pelajaran & Indikator
Bahasa
Indonesia :
§ Membaca ringkasan sederhana
Matematika
:
§ Melakukan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan
tanpa menyimpan dan meminjam sampai 100
PPkn
§ Menjelaskan pengertian satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
IPS
§ Menyebutkan contoh perilaku hidup hemat dalam menggunakan barang-
barang kebutuhan.
IPA
§ Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
Bina
Diri
§ Menyebutkan ciri- ciri rumah sehat
Ketrampilan
§ Mempraktekkan cara membuat rumah dari kertas lipat
D.Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü Membaca ringkasan
ü Melakukan operasi hitung campuran antara penjumlahan dan pengurangan
tanpa menyimpan dan meminjam sampai 100
ü Menjelaskan pengertian satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa
ü Menyebutkan contoh perilaku hidup hemat dalam menggunakan barang-
barang kebutuhan.
ü Menunjukkan adanya energi berdasarkan pengamatan
ü Menyebutkan ciri- ciri rumah sehat
ü Mempraktekkan cara membuat rumah dari kertas lipat
F.Materi
Ajar
Dibagian belakang
G.Metode
Pembelajaran
- Ceramah variatif
- Tanya jawab
- Pemberian tugas
- Demontrasi
Langkah-
Langkah Pembelajaran :
ü Kegiatan Awal ( 10 menit )
v Berdoa bersama
v Membahas tugas/ Pekerjaan Rumah
v Bercerita tentang keadaan rumah 2 atau 3 murid ( warna, lantai, mck,
jendela )
ü Kegiatan Inti ( 40 menit )
Bahasa
Indonesia
v Siswa membaca cerita secara keseluruhan
dari cerita minggu lalu ( guru menunjuk salah satu siswa )
v Guru meminta siswa bergantian membaca ringkasan yang telah dibuat
minggu lalu..
Matematika
v Guru membagi 1 lembar kertas yang berisi soal cerita untuk
diselesaikan murid..
v Guru mendeskripsikan langkah – langkah mengerjakan soal cerita.
v Siswa mengerjakan latihan soal cerita
IPA
v Guru menjelaskan apa itu energi
v Guru meminta siswa mengamati apa saja
energi yang ada disekitarnya
PPKN
v Guru menjelaskan tentang makna satu bahasa
IPS
v Siswa menyebutkan contoh perilaku hidup
hemat dalam menggunakan kebutuhan barang sehari- hari terutama peralatan
sekolah.
Bina
Diri
v Guru menjelaskan tentang ciri- ciri rumah
sehat.
Keterampilan
v Guru memberi contoh cara membuat rumah dari kertas lipat, murid
mengikuti
ü Kegiatan Akhir ( 10 menit )
Ø Guru mengulas kembali tentang
ringkasan sederhana
Ø Guru dan siswa berdiskusi cara menyelesaikan soal cerita
Ø Siswa berdiskusi mencari kesimpulan tentang makna 1 bahasa
Ø Guru menyimpulkan cara menghemat alat tulis
Ø Guru menyebutkan apa saja energi yang berada disekitar kita
Ø Bertanya jawab tentang ciri rumah sehat
Ø Menempelkan hasil melipat kertas bentuk rumah pada buku gambar
Ø Berdoa bersama dan pulang
H.Alat
dan Sumber Belajar
Daftar Pustaka
Buku Cerita (dongeng
anak )
Drs H. Panut,
2005. Dunia Sain 3, Yudistira
LKS Fokus &
Cemara IPA kelas 3. CV Central Wahana Ilmu.
Sri Ningsih MPd,
2006. Pkn 3, Yudistira.
Tim BKG, 2006,
Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
LKS PErmata
& Fokus PKPS, CV. Sindhunata
Sri Astuti, 2002.
Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A, Balai Pustaka
Tim BKG, 1995,
Kerajinan Tangan & Kesenian 2 Erlangga.
Siskandar, 2001,
MAtematika Pandai BErhitung 3A, Grasindo
I.Penilaian
:
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Membaca ringkasan dengan baik dan benar dengan
memperhatikan tanda baca
§ ( . ) Berhenti agak lama
§ ( , ) Berhenti sebentar
§ ( ! ) Ada
intonasi perintah
§ (? ) Ada intonasi Tanya
|
|
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyelesaikan
operasi hitung campuran dalam bentuk soal cerita dengan langkah pengerjaan :
Diketahui lengkap = 10
Jawab langsung jawab dan benar = 5
Jadi
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menerapkan
cara menghemat kebutuhan sehari- hari terutama alat sekolah
Buku disampul
Tidak berganti
buku bila belum habis
Menyebutkan 3
nilainya 6
Menyebutkan 2
nilainya 4
Menyebutkan 1
nilainya 2
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
arti energi ( kemampuan untuk
melakukan kegiatan )
|
|
|
2
|
Sebutkan
energi yang ada di sekitarmu ( energi, cahaya, listrik, panas )
|
|
|
3
|
Menyebutkan
energi lain yang diketahui (energi gerak, bunyi, kimia )
|
|
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
arti/ makna dari 1 bahasa (bahasa yang dimiliki dan digunakan bangsa Indonesia
sebagai bahasa pemersatu adalah Bahasa Indonesia )
Menyebutkan
fungsi Bahasa Indonesia (
|
|
|
Bina
Diri
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mengetahui
ciri rumah sehat
a.
ada jendela/ ventilasi
b.
penerangan cukup
c.
bersih
d.
lampu dan dinding tidak
lembab
|
|
|
Keterampilan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mempraktekkan cara membuat rumah dari
kertas lipat
|
|
|
2
|
Kemampuan menempel bentuk rumah sehingga
menjadi perumahan
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban Benar
Nilai Akhir = X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
Menerapkan cara menghemat alat tulis
Mengetahui : Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah Guru
Kelas VI
Titin
Sulistiawati S.Pd Nunuk
Indriawati S.E
NUPTK.98387499650300022
Tidak ada komentar:
Posting Komentar