RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Sekolah : SLB AyahBunda
Kelas/
Semester : VI / 1
Tema : Lingkungan I
Minggu/
Hari ke : X / 1 - 6
Alokasi
Waktu : 3xpertemuan (@ 35 menit)
A.Standar kompetensi
Bahasa
Indonesia
Memahami
laporan dan membaca sekilas kolom khusus
IPA
Memahami
berbagai cara gerak, sumber energi dan penggunaanya dalam kehidupan sehari-hari
IPS
Memahami
peran dan tanggung jawab anggota keluarga
PPkn
Mengenal
makna sumpah pemuda
Keterampilan
Menganalisis
berbagai gagasan dalam objek, dan tema karya seni rupa Nusantara dan
mancanegara
B.Kompetensi Dasar
Bahasa
Indonesia
Membacakan
sekilas informasi dalam kolom/rubric khusus (majalah anak, Koran, dll)
IPA
Mengidentifikasikan
berbagai gerak benda melalui percobaan
IPS
Mengidentifikasi
tanggung jawab anggota keluarga
PPkn
Menyebutkan
contoh nilai-nilai sumpah pemuda dalam kehidupan sehari-hari
Keterampilan
Membuat
gambar dengan teknik kolase
C.Indikator
Mata Pelajaran & Indikator
Bahasa
Indonesia :
§ Membacakan pesan/ informasi yang diperoleh dari berbagai media (
majalah anak, radio, koran )
IPA
§ Menyebutkan berbagai jenis gerak benda
§ Mendemontrasikan cara gerak benda ( menggelinding, memantul, jatuh,
berputar )
IPS
§ Menyebutkan peran dan tanggung jawab anak
Matematika
:
§ Melakukan pengubahan satuan kg menjadi g
PPkn
§ Menyebutkan contoh nilai- nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari- hari ( keluarga )
Bina
Diri
§ Mempraktekkan kebersihan kelas
Ketrampilan
§ Membuatkan gambar ekspresi dengan teknik kolase dari biji- bijian
D.Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti pelajaran diharapkan siswa dapat :
ü Membacakan pesan/ informasi yang diperoleh dari berbagai media (
majalah anak, radio, koran )
ü Menyebutkan peran dan tanggung jawab anak
ü Melakukan pengubahan satuan kg menjadi g
ü Menyebutkan contoh nilai- nilai sumpah pemuda dalam kehidupan
sehari- hari ( keluarga )
ü Mempraktekkan kebersihan kelas
ü Membuatkan gambar ekspresi dengan teknik kolase dari biji- bijian
E.Materi
Ajar
Dibagian belakang
F.Metode
Pembelajaran
- Ceramah variatif, tanya jawab
- Pemberian tugas, demontrasi
G.Langkah-
Langkah Pembelajaran :
ü Kegiatan Awal ( 10 menit
)
Siswa mencari
tabloid anak
v Appersepsi
v Berdoa awal belajar
v Menyiapkan berbagai alat praktek
ü Kegiatan Inti ( 30
menit )
Bahasa Indonesia
v Siswa mencari satu judul yang menarik
mengenai informasi yang ada di majalah anak
v Siswa menuliskan denganbahasa sendiri inti
dari informasi tersebut
v Guru meminta satu persatu siswa membacakan
inti dari info tersebut.
v Guru menggarisbawahi maksud dari info
tersebut
Matematika
v Guru menjelaskan tentang cara melakukan
pengubahan satuan kg menjadi g
v Guru memberikan contoh latihan soal
v Siswa mengerjakan soal
IPA
v Siswa diminta mengikuti instruksi peragaan
guru tentang derak benda.
v Bertanya jawab gerak apa yang dialami benda
tersebut
v Guru mendemontrasikan melalui percobaan
gerak benda siswa mengamati dan menirukan.
v Siswa diminta menyimpulkan tentang gerak
benda.
v Guru mendeskripsikan/ menjelaskan tentang
berbagai gerak benda.
IPS
v Siswa menyebutkan peran anak sebagai anggota
keluarga
v Siswa berdiskusi tentang tanggung jawab
anak sebagai anggota keluarga
v Guru mendeskripsikan tentang peran dan
tanggung jawab anak sebagai anggota keluarga
PPKN
v Siswa berdiskusi tentang contoh nyata pengamalan nilai- nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan
sehari- hari khususnya dalam keluarga.
v Guru menambahkan tentang contoh nyata pengamalan nilai- nilai Sumpah Pemuda dalam
kehidupan sehari- hari khususnya dalam
keluarga
Bina Diri
v Melakukan praktek kebersihan ruang kelas
Keterampilan
v Siswa mempraktekkan teknik kolase
ü Kegiatan Akhir ( 10 menit )
Ø Siswa bertukar info dari berbagai media ( majalah anak, radio, Koran ) dengan menulis
info dari teman lain.
Ø Siswa meneruskan mengerjakan latihan mengubah satuan kg menjadi g
Ø Siswa mencatat tentang penjelasan guru tentang hasil demontrasi/
percobaan dan pengertian dari gerak benda.
Ø Siswa mencatat tentang peran dan tanggung jawab anak sebagai anggota
keluarga.
Ø Siswa mencatat tentang contoh pengamalan nilai- nilai Sumpah Pemuda
dalam kehidupan sehari- hari terutama dal;am keluarga.
Ø Berdoa bersama dan pulang
H.Alat
dan Sumber Bahan
Daftar
Pustaka
Drs H. Panut,
2005. Dunia Sain 3, Yudistira
Sutrisno, 2005. Buku Ajar Pengayaan PKPS 3, CV.
Sindunata
Sri Ningsih MPd,
2006. PKn 3, Yudistira.
Sri Astuti, 2002.
Kepedulian Pada Diri Dan Lingkungan 3A,
Balai Pustaka
BKG, 2006, Pendidikan Kewarganegaraan 3, Erlangga
Warsito Adnan,
1999. PPKn, Tiga Serangkai.
LKS Cerdas,
2008, CV. Setiaji
BKG, 2003, Bina Bahasa Indonesia 2A, Erlangga
LKS Fokus. Bahasa Indonesia 3A, CV Sindhunata
Siskandar, 2001,
Matematika Pandai Berhitung 2,
Grasindo
Alat
Ø Sapu ijuk, kemoceng, ekrak, tempat sampah
Ø Alat untuk praktek percobaan gerak benda pada materi ajar
Ø Alat dan bahan untuk praktek ketrampilan
I.Penilaian
:
- Test lisan
- Tes tertulis
- Observasi selama proses KBM berlangsung
Bahasa
Indonesia
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Mampu membaca info dari media cetak
|
|
|
2
|
Mampu menyampaikan info dari media cetak
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Sosial ( IPS )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
pengertian peran anak sebagai anggota keluarga ( taat dan patuh kepada orang
tua )
|
|
|
2
|
Menyebutkan
tanggung jawab anak :
§ Taat dan patuh kepada orang tua
§ Wajib membantu pekerjaan orang tua
§ Wajib untuk belajar demi masa depan
|
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam ( IPA )
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Persiapan
dalam menyediakan alat peraga
|
|
|
2
|
Menyebutkan
gerak benda
Ø Memantul : gerakan benda berbalik arah setelah mengenai bidang
keras
Ø Mengalir : gerakan semua benda cair
Ø Jatuh : gerakan ke bawah tanpa ada yang menahan
Ø Menggelinding : Gerakan berputar sambil berpindah
Ø Berputar
|
|
|
3
|
Praktikum
tentang gerak benda (pengamatan dan mampu melakukan praktek seperti yang
dicontohkan guru)
|
|
|
Matematika
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Kemampuan
menyebutkan satuan ukur untuk berat ( kg, ons, gram )
Kemampuan
merubah satuan ukur berat misalnya :
1 kg = …….. ons
2 ons = ……..
gram dst
|
|
|
PPkn
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Kemampuan
menjelaskan dari lat peraga/ gambar tentang hal yang bias diambil dari contoh
pengamalan nilai Sumpah Pemuda
|
4
|
|
Bina
Diri
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Menyebutkan
alat untuk membersihkan ruang kelas (sapu ijuk, kemoceng, ekrak, tempat
sampah )
|
2
|
|
2
|
Cara
membersihkan ruang kelas( urutannya : melap/ menggunakan kemoceng untuk
membersihkan debu, lalu menyapu dan menggunakan ekrak )
|
5
|
|
Ketrampilan
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
Maks
|
Skor Perolehan
|
1
|
Kemampuan menyiapkan
bahan untuk ketrampilan ( kacang hijau, kacang merah, lem kayu, kertas
gambar, pensil, penggaris ).
|
|
|
2
|
Kemampuan
siswa mengkombinasi teknik kolase pada gambar tersedia
|
|
|
Keterangan
Penilaian :
Banyaknya
Jawaban yang benar
Nilai Akhir = X 100 %
Banyaknya
Jumlah Soal
Tindak
Lanjut
Melaksanakan dan menerapkan nilai- nilai
Sumpah Pemuda dalam kehidupan keluarga.
Dapat melakukan pengukuran dengan satuan
berat
Mengetahui : Parungpanjang,……..2010
Kepala Sekolah SLB
AyahBunda Guru
Kelas VI
Titin
Sulistiawati S.Pd Nunuk
Indriawati S.E
NUPTK.98387496503000
Tidak ada komentar:
Posting Komentar