Translate

Jumat, 25 Januari 2013

Kunjungan Guru-guru SLB Ayahbunda ke Panti Sosial Bina Grahita Ciungwanara



Rabu, 23 Januari 2013 lau kami berkunjung tak resmi pada Panti Sosial Bina Grahita “Ciung Wanara” Bogor yang terletak di Jl. Nanggewer/SKB No. 3 Karadenan-Cibinong Bogor. Sebenarnya sudah lama sekali kami (SLB Ayahbunda) ingin berkunjung ke PSBG (Panti Sosial Bina Grahita) Ciung Wanara tapi karena terbatasnya waktu dan jarak tempuh yang cukup jauh akhirnya kami baru dapat berkunjung belum lama ini.

Kesan kami saat awal menginjakkan kaki di Panti Sosial Bina Grahita “Ciung Wanara”, terlihat sangat ramah dan lingkungan yang sangat asri, bersih serta rindang. Keramahan terlihat bukan hanya dari lingkungan dan gedung tetapi para staf PSBG “Ciung Wanara” saat menyambut kami dengan senyuman dan keramahan seseorang yang peduli terhadap sesama.

                                          Panti Sosial Bina Grahita (PSBG Ciungwanara)

Setelah kami dipersilahkan memasuki sebuah kantor yang kembali asri, bersih dan nyaman disana kami disambut oleh staf yang ada di PSBG Ciung Wanara dan dipertemukan kembali dengan Kepala PSBG Ciung Wanara yaitu Bapak Cecep Sutriaman, S.Sos. MPS.Sp., Bapak Cecep sebagai Kepala PSBG “Ciung Wanara dan saat ini beliau belum lama menjabat sebagai kepala di panti tetapi beliau sudah dengan jelas dan gamblang menceritakan tentang PSBG Ciung Wanara.

Walaupun kami tidak membawa surat resmi unuk kunjungan ke PSBG Ciung wanara tetapi penerimaan kepada kami (SLB Ayahbunda), sungguh diluar dugaan dan kamipun diberikan penjelasan atas semua pertanyaan yang kami ajukan. 

Keingintahuan kami akan PSBG Ciung Wanara, karena di SLB Ayahbunda belum ada fasilitas untuk bisa memberikan keterampilan pada anak-anak didik kami dan kami berharapa suatu hari SLB Ayahbunda bisa bekerja sama dengan PSBG Ciung Wanara sehingga anak-anak didik kami mendapatkan keterampilan agar suatu hari lebih mandiri.

 Semoga kami pun dapat memberikan rujukan pada orang tua dengan anak tuna grahita yang usianya sudah diatas 18 tahun agar bisa mengembangkan potensinya dengan diterima di PSBG Ciuangwanara.

Sejarah Singkat Berdirinya PSBG Ciung Wanara
PSBG ciung Wanara diresmikan pada tanggal 5 September 1985 dengan nama Panti Rehabilitasi Penderita cacat Mental (PRPCM) retardasi, peresmian dilakukan oleh Bupati KDH TK. II kabupaten Bogor.
Berdasarkan Surat keputusan menteri sosial RI. No. 14 Tahun 1994, tanggal 23 April 1994 nama Panti rehabilitasi penderita Cacat mental (PRPCM) diganti menjadi Panti Sosial Bina Grahita ciung Wanara.
Berdasarkan surat keputusan menteri RI No. 59/HUK/2003, tanggal 23 Juli 2003. Panti Sosial Bina Grahita ciung wanara Cibinong-Bogo diklasifikasikan ke dalam Panti Sosial type A (Eselon IIIa).

Visi PSBG Ciung Wanara
Mewujudkan kemandirian orang dengan kecacatan (ODK) Intelektual/grahita.

Misi PSBG Ciung Wanara
1.     Meningkatkan pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi Orang Dengan Kecacatan (ODK) Intelektual/grahita.
2.     Meningkatkan profesionalisme petugas pelayanan Orang dengan Kecacatan (ODK) Intelektual/grahita.
3.     Menajalin kerjasama dengan organisasi sosial/LSM dan instansi terkait.

Motto
“Bersama Mewujudkan Kemandirian”.

 Ada beberapa kegiatan dalam membantu anak-anak PSBG Ciung Wanara agar dapat mandiri :
1.     Kegiatan Persiapan ; Melaksanakan seleksi calon kelayan untuk mengetahui keadaan dan permasalahan serta kondisi/tingkat kecacatan untuk menentukan jenis pelayanan yang akan diberikan.
2.     Memberikan pelayanan/ penampungan dan perawatan.
3.     Memberikan bimbingan fisik
4.     Bimbingan mental agama dan psikologis.
5.     Bimbingan sosial
6.     Bimbingan keterampilan
7.     Memberikan bantuan sosial dan mempersiapkan pelaksanaan penyaluran dan bimbingan lanjut.
Untuk informasi keseluruhan tentang Panti Sosial Bina grahita “Ciung Wanara”, bisa diakses ke :
1.     Website : ciungwanara.depsos.go.id
2.     Facebook : PSBG Ciungwanara
3.     Email : ciungwanara@yahoo.com

Setelah kami berbincang dengan staf dan kepala PSBG Ciungwanara, kami dipersilahkan unuk berinteraksi dengan siswa/i PSBG Ciungwanara dan betapa menyenangkannya saat kami bertemu dengan siswa/i  PSBG Ciungwanara. Yang dapat kami rekam sepintas adalah bahwa mereka sangat senang tinggal disini karena semua pembimbing/Instruktur menurut mereka sangat baik, peramah, penyayang, sopan dan sabar.
Mereka semua yang tinggal di PSBG Ciungwanara sebanyak 75 orang dan menyatakan bahwa semua fasilitas lengkap dan tersedia disini, tempatnya bersih dan aman. Disini mereka tinggal selama 4 tahun setelah itu dikembalikan pada orang tua masing-masing dengan tetap mendapatkan pelayanan penyaluran, bimbingan lanjutan dan terminasi. 

 Siswa/i PSBG Ciungwanara dan guru-guru SLB Ayahbunda-berfot bersama


 Berbagi Cerita dengan Siswa/i PSBG Ciungwanara



Siswa/i di PSBG Ciungwanara, ramah, sopan, santun, penyayang dan berbakat istimewa

Siswa/i di PSBG Ciungwanara, mulai dari usia 15 sampai dengan 35 tahun dengan IQ sekitar : 30 sampai dengan 70. Tidak menderita penyakit kronis/menular, tidak menderita gangguan jiwa, tidak mengidap epilepsy dan mampu mengurus diri sendiri.

Pemerintah lewat Kementrian Sosial telah banyak memberikan pelayanan untuk ODK (Orang dengan Kecacatan Intelektual/grahita). Semoga panti-panti sejenis terus berkembang sehingga terwujudnya kemandirian bagi orang dengan kecacatan (ODK).

Terus berjuang bapak dan ibu yang melayani anak-anak di Panti Sosial Bina Grahita Ciung wanara, semoga amal ibadah bapak dan ibu Tuhan Yang Maha Esa membalas dengan setimpal, Amiiin.
Terima kasih atas penerimaan pada kami (SLB Ayahbunda) yang tak dapat memberikan apapun kecuali doa yang tulus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar